DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Aplikasi TikTok Hadirkan Fitur untuk Cari Lagu dengan Suara Nyanyian dan Senandung

image
Fitur baru TikTok untuk cari lagu secara otomatis lewat suara (UNSPLASH/Solen Feyissa)

LIFESTYLEABC.COM - Para pengguna aplikasi TikTok dapat mulai menggunakan fitur terbaru bernama Sound Search dengan tujuan mendukung hobi mendengarkan musik.

Dengan fitur Sound Search ini, pengguna TikTok bisa menemukan judul lagu yang diinginkan hanya dengan bersenandung yang sejauh ini baru hanya bisa diterapkan pada wilayah tertentu.

Sebelum TikTok yang meluncurkan fitur Sound Search, aplikasi YouTube Music sudah merilis fitur serupa untuk sistem dan mempersingkat pencarian lagu.

Baca Juga: Berbagai Fitur Canggih Pada Samsung Galaxy Watch7 dengan Keunggulan Galaxy AI untuk Berolahraga

Fitur "Sound Search" di TikTok serupa dengan fitur pencarian suara di YouTube Music, yang memungkinkan pengguna menemukan nama lagu dengan bernyanyi, bersenandung, atau memutar lagu.

Shazam juga memiliki fitur pencarian dengan bantuan suara. Namun, fitur yang dihadirkan TikTok dan YouTube Music melampaui tawaran Shazam.

Kedua aplikasi tersebut memungkinkan pengguna mencari lagu dengan bersenandung atau bernyanyi, sedangkan fitur Shazam hanya berfungsi jika pengguna memutar lagu yang ingin dicari.

Fitur "Sound Search" TikTok tidak hanya dirancang untuk membantu pengguna mencari lagu, tetapi juga menunjukkan video-video yang menggunakan lagu tersebut.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh TechCrunch, alat deteksi pada fitur "Sound Search" di TikTok bekerja cepat dalam upaya pencarian lagu-lagu yang populer di aplikasi tersebut.

Namun, fitur itu membutuhkan waktu lebih lama ketika digunakan untuk mencari lagu-lagu yang tidak banyak digunakan dalam video-video populer.

Kendati demikian, TikTok menyampaikan kepada TechCrunch bahwa alat tersebut dirancang untuk menemukan lagu-lagu, bukan suara-suara spesifik TikTok.***

Sumber: Antara

Berita Terkait