DECEMBER 9, 2022
LifestyleABC.com

Amerika Serikat Dukung Ukraina Lawan Rusia dengan Kirim Rudal JASSM

image
Ukraina didukung Amerika Serikat lawan Rusia di medan perang (Antara)

LIFESTYLEABC.COM - Kontak senjata yang masih berlangsung antara Ukraina melawan Rusia memaksa Amerika Serikat ikut campur dengan mengirimkan bantuan senjata militer.

Rencananya, Amerika Serikat akan mengirimkan rudal jarak jauh Gabungan Udara ke Permukaan (JASSM) menuju Ukraina guna melawan gempuran serangan Rusia.

Menurut Politico, rudal jarak jauh yang akan dikirimkan Amerika Serikat untuk Ukraina ini mampu menyasar target dengan jarak 370km dan menargetkan pasukan Rusia di medan perang.

Baca Juga: China Kritik Langkah Amerika Serikat Gelontorkan Dana Militer Jumbo ke Filipina

Menurut situs tersebut saat ini sedang berlangsung pembahasan antara Gedung Putih dengan Pentagon untuk mengatasi kerumitan pengiriman, termasuk memastikan kompatibilitas rudal dengan pesawat Ukraina.

"Pentagon dan Ukraina telah membahas masalah teknis tersebut," kata media itu.

Pengiriman ini akan menandai langkah lain dalam kebijakan dukungan AS yang terus berkembang untuk Ukraina, karena rudal-rudal tersebut “hanya dibagikan kepada segelintir sekutu dekat,” kata laporan itu.

Politico juga melaporkan bahwa pejabat Ukraina telah mendesak untuk mendapatkan JASSM, mengatakan rudal tersebut penting dalam menangkal serangan udara Rusia yang diluncurkan dari negara itu.

Meskipun tidak ada pernyataan resmi mengenai pengiriman tersebut, media itu mengatakan: “AS dan sekutunya telah berkomitmen mengirimkan Ukraina berbagai amunisi udara-ke-udara dan udara-ke-darat untuk F-16, namun pengiriman JASSM akan menjadi senjata paling kuat dan memiliki jangkauan terjauh untuk Kiev di gudang senjata angkatan udaranya."***

Sumber: Antara

Berita Terkait