DECEMBER 9, 2022
Traveling

Destinasi Wisata Yang Harus Dikunjungi Selama Liburan Ke Yogyakarta, Dari Keraton Sampai Museum Sejarah

image
Destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Yogyakarta saat liburan (UNSPLASH/Fakhri Labib)

LIFESTYLEABC.COM - Kota Yogyakarta menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat liburan mulai dari Keraton sampai museum yang kaya akan sejarah.

Destinasi wisata yang berada di Kota Yogyakarta ini terdiri dari banyak tempat seperti Keraton dan bisa dikunjungi ketika hari liburan maupun hari biasa.

Selain Keraton sendiri, masih ada beberapa destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi saat liburan ke Yogyakarta dan sama menyenangkan ketika datang bersama keluarga.

Tidak hanya turis lokal, destinasi wisata yang berlokasi di Yogyakarta ini juga rutin dikunjungi oleh wisatawan mancanegara saat liburan yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Kota Gudeg ini.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat liburan yang berlokasi di Yogyakarta bersama keluarga:

1. Keraton

Setiap liburan ke Yogyakarta pasti banyak wisatawan yang rajin mengunjungi destinasi wisata Keraton Ngayogyakartao dan didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I.

Keraton Ngayogyakarta ini juga terdiri dari beberapa bagian komplek berbeda dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang berada di Yogyakarta hingga dijadikan warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Saat mengunjungi keraton Ngayogyakarta ini, pengunjung bisa melihat berbagai pertunjukan adat istiadat khas Yogyakarta dan menjadi ciri khas destinasi wisata Kota Gudeg.

2. Situs Warungboto

Situs Warungboto dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II sejak ia masih menjadi seorang Pangeran. Pada zaman dahulu bangunan ini merupakan sebuah pesanggrahan atau rumah penginapan raja dan keluarga.

Dalam pesanggrahan dilengkapi kolam pemandian sebagai sarana bebersih keluarga kerajaan dan terdapat mata air atau TUK, namun sekarang sudah tidak mengalir dan kolam menjadi kering.

Anda bisa mengunjungi destinasi wisata Situs Warungboto ini tanpa dipungut biaya mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB.

3. Museum Benteng Vredeburg

Anak muda Jogja tentu sudah tidak asing dengan Museum Benteng Vredeburg yang berada di jalan Malioboro. Benteng Vredeburg ini merupakan salah satu bangunan yang menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa bersejarah semenjak pemerintah kolonial Belanda masuk ke Yogyakarta.

Museum ini sempat mengalami revitalisasi dan dibuka kembali pada awal Juni 2024 dengan banyak penambahan yang membuat wisatawan makin betah. Beberapa koleksi yang ada di museum ini adalah diorama perjuangan bangsa Indonesia sebelum Proklamasi 1945 sampai era Orde Baru, benda-benda bersejarah, hingga bangunan-bangunan peninggalan Belanda.

Salah satu suguhan baru dalam destinasi wisata Museum Benteng Vredeburg adalah atraksi air mancur, video mapping tentang sejarah Museum Benteng hingga rooftop dengan view titik nol.***

Berita Terkait