DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir Menentukan Pilihan Pekerjaan Sampingan Guna Menambah Pengalaman dan Penghasilan

image
Tips karir untuk memilih pekerjaan sampingan yang baik (UNSPLASH/Jakob Owens)

LIFESTYLEABC.COM - Dengan memiliki pekerjaan samping dapat menjadi alternatif menambah pengalaman kerja dan penghasilan dan salah satu tips karir yang sangat disarankan untuk dilakukan.

Namun banyak orang yang masih kebingungan dan mencari tips karir untuk memilih pekerjaan sampingan dengan tujuan menambah pengalaman dan penghasilan sehari-hari.

Salah satu manfaat lain dari memiliki pekerjaan sampingan adalah untuk menambah relasi dan koneksi yang sangat sering diucapkan dalam tips karir dan meningkatkan jenjang karir di industri kerja.

Di samping itu, memiliki pekerjaan sampingan juga bisa menjadi jalan untuk memberikan rasa kepuasan pribadi karena dapat mencapai prestasi dalam hidup dan karir.

Berikut ini adalah beberapa tips karir yang harus diketahui untuk menentukan pekerjaan sampingan yang ingin dilakukan guna menambah penghasilan tambahan:

1. Riset peluangnya

Meskipun sudah mempunyai pekerjaan utama di kantor, Anda tidak bisa sembarangan memilih pekerjaan sampingan yang bisa berujung merugikan diri sendiri.

Jika salah memilih pekerjaan sampingan bisa saja Anda hanya membuang waktu dan tenaga secara percuma tanpa menghasilkan capaian apapun dalam perkembangan karir.

Untuk itulah terdapat tips karir yang menyarankan Anda untuk meriset peluang dalam pekerjaan sampingan tersebut dan mempertimbangkan kesempatan Anda bisa bersaing dengan pekerja lain.

Anda bisa bergabung dengan komunitas atau diskusi di grup media sosial untuk meriset peluang pekerjaan sampingan yang Anda incar agar bisa berujung kesuksesan.

2. Pastikan sesuai dengan keterampilan

Diberi kepercayaan mengerjakan pekerjaan sampingan tentu harus dijawab dengan hasil yang memuaskan pula, untuk itulah Anda harus maksimal dalam melakukan tugasnya.

Ketika memilih pekerjaan sampingan yang digeluti, Anda bisa mengerjakan tugas yang sesuai dengan keterampilan dan bakat Anda agar tidak mengecewakan klien.

Buatlah daftar keahlian dan pekerjaan samping yang Anda incar untuk dilakukan, hal ini membantu Anda menentukan profesi tambahan yang bisa didapatkan dalam waktu dekat.

3. Pertimbangkan faktor finansial dan waktu pribadi

Dengan mempunyai pekerjaan sampingan dan bersamaan mengerjakan tugas di kantor tentu akan menyita banyak waktu bersama keluarga di rumah.

Untuk itulah Anda harus mempertimbangkan faktor finansial ketika memilih pekerjaan sampingan yang hanya bertujuan menutupi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa dipenuhi oleh pekerjaan kantor.

Anda juga harus memperhatikan pekerjaan sampingan yang dilakukan tidak mengorbankan waktu bersama keluarga dan mempunyai waktu istirahat yang cukup setiap harinya.***

Berita Terkait