DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir Alasan untuk Menghindari Curhat dengan Rekan Kerja Mulut Ember di Kantor

image
Tips karir yang menyarankan untuk hidari curhat ke rekan kerja di kantor (UNSPLASH/Brooke Cagle)

LIFESTYLEABC.COM - Curhatan yang diceritakan kepada rekan kerja di kantor pastinya harus menjadi rahasia berdua, namun tips karir menyarankan Anda untuk tidak melakukan hal ini.

Tips karir ini berhubungan jika curhat ke rekan kerja Anda yang bermulut ember di kantor atau hobi membocorkan informasi yang sifatnya rahasia dapat mempengaruhi perkembangan pekerjaan.

Banyak tips karir yang mengungkap Jika rekan kerja Anda di tempat bekerja atau kantor membocorkan informasi ini ke orang lain dapat memberikan pengaruh buruk kepada diri sendiri.

Beberapa tips karir menyarankan untuk hati-hati memilih rekan kerja untuk bicara di kantor agar bisa menjaga rahasia dan benar-benar bisa dipercaya saja.

Berikut ini adalah beberapa tips karir dan alasan agar Anda tidak curhat masalah pekerjaan di kantor yang harus diketahui:

1. Menyebar gosip

Salah satu potensi akibat yang bisa terjadi jika Anda curhat ke rekan kerja yang bermulut ember di kantor bisa menjadi gosip yang tersebar ke rekan yang lain.

Gosip yang menyebar ini bisa saja berawal dari ucapan yang Anda utarakan kepada rekan kerja dan menyebar ke seluruh ruangan kantor dan tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Bukan hal yang mustahil jika gosip yang Anda sebarkan ini bisa menjadi penyebab perpecahan tim dan merugikan perusahaan secara keseluruhan.

2. Tidak memiliki rasa profesionalisme

Pastikan setiap ucapan atau informasi yang disampaikan kepada rekan kerja tetap bersifat profesionalisme yang berhubungan hanya tentang pekerjaan sehari-hari.

Karena informasi yang diucapkan kepada rekan kerja bisa menjadi bumerang bagi tim dan perusahaan karena menerima konteks informasi yang tidak jelas.

Anda harus memastikan hubungan pertemanan dengan rekan kerja hanya sebatas profesionalisme dan menjaga pekerjaan bisa berjalan dengan baik.

3. Membocorkan rahasia perusahaan

Rekan kerja Anda bisa saja mempunyai teman lain di luar kantor dan bisa membocorkan isi obrolan Anda tentang kinerja perusahaan yang bisa dimanfaatkan oleh kompetitor.

Jika orang luar tahu tentang informasi perusahaan yang berawal dari curhatan dan berisi seperti data statistik, data strategis, data karyawan hingga masalah internal dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang tidak baik.

Perusahaan kompetitor bisa memanfaatkan data tersebut untuk mengalahkan perusahaan Anda dengan segala kelemahan yang ada dan hanya berawal dari obrolan makan siang.***

Berita Terkait