DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir dan Detail yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Portofolio Sebelum Melamar Kerja

image
Tips karir yang harus diperhatikan dalam menyusun portofolio sebelum melamar kerja (UNSPLASH/Anete Lusina)

LIFESTYLEABC.COM - Ada beberapa tips karir yang harus diperhatikan saat mempersiapkan portofolio sebelum melamar kerja di sebuah perusahaan agar bisa berlanjut ke tahap interview.

Banyak tips karir yang sudah menjabarkan detail penting yang harus diperhatikan saat membuat portofolio sebelum mengirim melamar kerja agar bisa membuat HRD tertarik.

Dengan memperhatikan detail dan tips karir ini akan membuat portofolio Anda terlihat profesional saat diterima oleh HRD perusahaan sebagai bagian proses dari melamar kerja.

Berbeda dengan Curriculum Vitae, portofolio berfokus pada pengalaman kerja dan hasil karya yang Anda buat baik itu selama berkuliah di Universitas maupun bekerja di kantor pertama.

Berikut ini adalah beberapa tips karir dan detail yang harus Anda perhatikan saat menyusun portofolio sebelum melamar kerja dan meningkatkan kemungkinan Anda dipanggil interview:

1. Deskripsikan tujuan dan capaian

HRD perlu tahu motivasi dan capaian apa saja yang sudah Anda raih selama di Universitas sebagai latar belakang pengenalan diri pada perusahaan.

Untuk itulah Anda perlu menuliskan tujuan dan capaian semenarik mungkin yang membuat HRD perusahaan terkesan dan membuat Anda bisa dipanggil interview.

Dalam bagian tujuan pada portofolio, Anda bisa menuliskan target yang ingin dicapai selama bekerja di perusahaan dan harus membuat HRD terkesan dengan keinginan yang Anda raih.

Sedangkan pada capaian, Anda dapat menuliskan apa saja prestasi yang sudah Anda raih dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar agar membuat HRD terkesan.

2. Pengalaman

Hal yang tidak kalah penting saat menyusun portofolio adalah jabarkan pengalaman yang sudah Anda lakukan sebelum melamar kerja, baik itu organisasi kampus atau kerja paruh waktu.

Pengalaman ini penting untuk diketahui HRD perusahaan agar yakin Anda adalah kandidat karyawan yang profesional dalam menjalankan tugas ketika sudah diterima.

3. Jabarkan hasil karya

Dari pengalaman ini, Anda bisa ikut menjabarkan hasil karya yang pernah dibuat agar HRD perusahaan semakin tertarik untuk merekrut Anda menjadi bagian dari timnya.

Di samping pengalaman yang sudah dikerjakan, Anda juga bisa menambahkan berbagai keahlian dan skill yang Anda kuasai untuk menambah nilai positif di mata HRD.***

Berita Terkait