DECEMBER 9, 2022
News

Jaga Kesehatan Tubuh, Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman ini Ketika Penyakit Asam Lambung Menyerang

image
Makanan yang harus dihindari saat penyakit asam lambung dan meningkatkan kesehatan tubuh (UNSPLASH/Towfiqu Barbhuiya)

LIFESTYLEABC.COM - Penyakit asam lambung bisa datang sewaktu-waktu dan mengganggu kegiatan karena membuat perut terasa perih dan tentu menurunkan kesehatan tubuh.

Makanan atau minuman yang Anda konsumsi berpengaruh besar pada penyakit asam lambung dan harus dihindari agar kesehatan tubuh bisa kembali prima dan beraktivitas dengan baik.

Pastikan Anda menghindari konsumsi makanan dan minuman ini ketika mengalami penyakit asam lambung agar meringankan gejala sakit perut dan membuat kesehatan tubuh berangsur membaik.

Perlu diketahui jika konsumsi makanan dan minuman yang kurang baik bisa menjadi penyebab utama penyakit asam lambung bisa datang dan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari ketika mengalami penyakit asam lambung:

1. Kafein

Ketika penyakit asam lambung datang, Anda harus menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, soda atau teh untuk memperbaiki kesehatan tubuh.

Konsumsi kafein dalam jumlah tertentu bisa melemahkan otot bagian bawah kerongkongan sehingga bisa memicu gejala tidak baik bagi pengidap gangguan asam lambung.

Kafein juga merangsang cairan produksi asam lambung naik akibat peningkatan hormon gastrin.

2. Makanan tinggi lemak

Beberapa makanan dengan tinggi lemak seperti daging merah, kentang goreng dan makanan cepat saji lain juga harus Anda hindari ketika mengalami penyakit asam lambung.

Makanan dengan kandungan lemak tinggi dapat merangsang kolesistokinin yang bisa melemahkan esofagus bawah, sehingga asam lambung mudah naik dan menimbulkan sakit pada ulu hati.

Makanan berlemak tinggi tidak dianjurkan karena membutuhkan waktu cukup lama diolah di pencernaan dan memicu peningkatan asam lambung.

3. Makanan pedas

Tidak perlu dijelaskan lagi jika makanan pedas bisa memperparah penyakit asam lambung yang Anda derita dan membuat perut semakin terasa perih.

Alasannya, karena makanan pedas mengandung zat capsaicin yang menimpulkan rasa pedas dan panas yang bisa memperparah iritasi lambung.***

Sumber: Antara

Berita Terkait