DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Tersandung Kasus Doping, Petinju Nigeria, Cynthia Temitayo Ogunsemilore harus Mundur dari Olimpiade Paris

image
Atlet petinju asal Nigeria, Cynthia Temitayo Ogunsemilore harus tersingkir dari Olimpiade Paris karena doping (Istimewa)

LIFESTYLEABC.COM - Pil pahit harus ditelan oleh petinju asal Nigeria bernama Cynthia Temitayo Ogunsemilore yang harus mundur dari Olimpiade Paris karena tersandung kasus doping.

Setelah melakukan uji sampel dilakukan oleh Badan Pengujian Internasional Anti Doping menunjukan Cynthia Temitayo Ogunsemilore positif menggunakan doping.

Menurut laporan AFP menyebut hasil sampel dari Cynthia Temitayo Ogunsemilore mendeteksi zat terlarang furosemide, yang diklasifikasikan sebagai "diuretik dan agen masker."

Baca Juga: Pembukaan Olimpiade Paris Disaksikan oleh 28.6 Juta Penonton dari Seluruh Dunia

Penemuan ini diumumkan dalam pernyataan resmi dari ITA (International Testing Agency).

Sampel tersebut diambil di Paris pada hari Kamis, sehari sebelum upacara pembukaan Olimpiade, dan hasilnya dilaporkan oleh laboratorium terakreditasi WADA pada hari Sabtu waktu setempat.

ITA menyatakan bahwa Ogunsemilore telah diberitahu tentang kasus ini dan diskors sementara hingga masalah ini diselesaikan.

Baca Juga: Atlet Indonesia Maryam March Maharani Tampil di Pertandingan Olimpiade Paris Melawan Jacira Ferrairi asal Mozambik

Selama periode ini, ia tidak diperbolehkan untuk berkompetisi, berlatih, melatih, atau berpartisipasi dalam kegiatan apa pun terkait Olimpiade Paris 2024.

Ogunsemilore, yang berusia 22 tahun dan berkompetisi di kategori di bawah 60 kg, memiliki hak untuk menantang penangguhan sementaranya di Pengadilan Arbitrase Olahraga dan dapat meminta analisis sampel B.

Sejak dimulainya Olimpiade, dua atlet lainnya juga telah diskors.

ITA mengumumkan pada hari Jumat bahwa judoka Irak, Sajjad Sehen, dinyatakan positif menggunakan steroid anabolik yang dilarang.

Sementara itu, pemain bola voli Dominika, Lisvel Eve Mejia, dinyatakan positif menggunakan furosemide.***

Berita Terkait