DECEMBER 9, 2022
News

Cara Mengatasi Depresi Diawali dengan Memperbaiki Gaya Hidup Sehari-Hari

image
Atasi depresi dengan terapkan gaya hidup sehat (UNSPLASH/Danie Franco)

LIFESTYLEABC.COM - Depresi bisa menjangkit siapapun tidak peduli latar belakang keluarga maupun pekerjaannya, namun masalah mental ini bisa diatasi dengan memperbaiki gaya hidup.

Gaya hidup berpengaruh besar dalam menjadi penyebab dan sekaligus mengatasi depresi yang bisa datang kapanpun tanpa diundang dimulai dengan bangun di pagi hari.

Saat bangun di pagi hari, Anda bisa memulai sebagai langkah awal untuk gaya hidup mengatasi kecemasan dan depresi dengan cara yang cukup mudah yakni dengan memberi waktu tenang.

Baca Juga: Cukup Dengan Memakan Buah-Buahan Dapat Mencegah Depresi Ketika Masa Usia Senja

Dengan memberikan waktu tenang saat bangun tidur sebagai bagian dari gaya hidup maka bisa memberi waktu untuk tubuh mempersiapkan tenaga menghadapi tugas berat dan menghindari depresi.

“Mengontrol kecemasan melalui berbagai cara, terutama perubahan gaya hidup, dapat mengurangi risiko berkembangnya kondisi yang melemahkan ini. Menetapkan rutinitas pagi yang konsisten adalah komponen penting dari perubahan gaya hidup ini, memberikan stabilitas dan menetapkan nada positif untuk hari,” kata konsultan psikiatri dan psikologi klinis di Narayana Hospital, Gurugram dalam wawancara dengan Hindustan Times Lifestyle, yang dikutip pada Minggu, 4 Agustus 2024.

Dengan alarm yang lembut, menggunakan suara yang lembut dan melodis untuk bangun dengan damai daripada terjaga secara tiba-tiba.

Setelah bangun, luangkan beberapa saat untuk berlatih pernapasan dalam, fokus pada ritme napas untuk menenangkan diri dan menetapkan nada yang tenang dan berpusat untuk hari yang akan datang.

Hidrasi dan nutrisi
Mulailah pagi dengan segelas air hangat dengan lemon untuk menghidrasi dan detoksifikasi tubuh, vitamin C meningkatkan kekebalan, dan kehangatan menenangkan sistem pencernaan.

Ikuti ini dengan sarapan yang bergizi yang mencakup campuran seimbang dari protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks, seperti telur, alpukat, dan biji-bijian utuh, untuk menjaga tingkat energi dan menstabilkan suasana hati sepanjang hari.

Gerakan sadar
Masukkan gerakan sadar ke dalam rutinitas pagi Anda dengan melakukan latihan lembut seperti yoga, peregangan, atau jalan santai.

Aktivitas ini meningkatkan kadar endorfin, membantu mengurangi kecemasan dan mempromosikan rasa kesejahteraan.

Selain itu, menghabiskan waktu di luar ruangan di bawah sinar matahari pagi meningkatkan produksi vitamin D, yang terkait dengan suasana hati yang lebih baik dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Persiapan mental dan detoks digital
Mulai pagi dengan menulis jurnal rasa syukur dengan mencatat tiga hal yang disyukuri, yang membantu mengalihkan fokus dari pikiran negatif dan mendorong pola pikir positif.

Lengkapi praktik ini dengan visualisasi dan afirmasi positif, membayangkan hari berjalan dengan baik dan memperkuat kepercayaan diri untuk mengurangi kecemasan tentang tantangan yang akan datang.

Selain itu, terapkan detoks digital dengan menghindari waktu layar yang segera, tahan dorongan untuk memeriksa ponsel atau email Anda di pagi hari, dan alihkan waktu ini untuk diri sendiri agar memulai hari dengan tenang dan fokus.***

Sumber: Antara

Berita Terkait