DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Sesuai dengan Budget dan punya Kuliatas Tinggi

image
Tips memilih laptop yang harus diperhatikan mahasiswa (Pexels,com/Keira Burton)

LIFESTYLEABC.COM - Memasuki aktivitas kuliah adalah momen penting bagi seorang mahasiswa dan pastinya membutuhkan laptop sebagai perlengkapan belajar di ruang kelas.

Agar bisa menjalani perkuliahan dengan lancar, mahasiswa membutuhkan perlengkapan laptop dan gadget lainnya yang sesuai dengan kebutuhan jurusannya masing-masing.

Namun sebelum memilih laptop, terdapat beberapa kategori dan tips yang perlu diperhatikan oleh setiap mahasiswa agar bisa mendapatkan fungsi yang baik dan berkualitas.

Baca Juga: Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Seri Terbaru Smartphone lipat Canggih

Berbeda dengan era dahulu yang masih menulis manual menggunakan kertas, kini pembelajaran di universitas sebagian besar sudah digital based. Mahasiswa menggunakan laptop untuk mencari materi, kerja kelompok, mengerjakan tugas, serta membuat presentasi.

Belum lagi jika ada universitas yang sistem perkuliahan online, yang otomatis mahasiswanya memerlukan laptop. Memang pakai HP bisa, tapi kapasitas ram yang ada di hp juga terbatas.

Maka dari itu, memiliki laptop pribadi menjadi hal penting bagi setiap mahasiswa agar dapat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Dengan laptop mahasiswa bisa mengerjakan tugas tanpa harus ke tempat rental komputer. Adanya laptop juga membuat kegiatan perkuliah jadi makin praktis.

Baca Juga: Lawan Balik Berita Hoax, Pemutar Video Youtube Uji Coba Fitur Catatan Komunitas untuk Pengguna

Tetapi sebelum mahasiswa membeli laptop, ada hal-hal yang perlu di ketahui. Seperti dari merk, harga, dan kuliatasnya. Mahasiswa harus pintar membandingkannya agar sesuai dengan budget yang dimiliki.

Berikut ini tips-tips yang mungkin berguna untuk mahasiswa dalam memilih laptop:

1. Daya Tahan Baterai
Laptop dengan daya tahan baterai yang baik adalah penyelamat bagi mahasiswa yang sering beraktivitas di luar ruangan dan mengerjakan banyak tugas dalam waktu lama.

Baca Juga: Google Hadirkan Fitur Sedang Trending bagi Pengguna untuk Update Berita Terbaru

Idealnya, pilihlah laptop dengan baterai yang mampu bertahan minimal 8 jam, sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari colokan listrik di tengah-tengah kelas atau saat mengerjakan tugas di kafe.

2. Kapasitas Ram Penyimpanan yang cukup
RAM punya pengaruh besar dalam memproses data. Semakin besar kapasitas RAM-nya, makin cepat dan ringan juga laptop menjalankan aplikasi. Untuk itu, pilih laptop dengan besaran RAM yang sesuai kebutuhan. 

Disarankan memilih penyimpanan SSD (Solid State Drive) dengan kapasitas minimal 256 GB, karena SSD memberikan kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan HDD (Hard Disk Drive).

3. Sesuaikan dengan budget Sebagai mahasiswa
Budget menjadi salah satu pertimbangan yang utama. Anda bisa survei di berbagai toko online nama laptop dengan harga masih realistis tetapi dengan kualitas yang bagus.

Karena tidak semua laptop dengan harga yang mahal memiliki kualitas yang lebih bagus. Membeli laptop dengan model lama yang masih dengan kualitas bagus bisa menjadi pilihan juga.

Memilih laptop yang tepat tidak hanya mempengaruhi kenyamanan mahasiswa selama perkuliahan, tetapi juga mendukungnya dalam produktivitasnya sehari-hari. Dengan mempertimbangkan berbagai faktor, mahasiswa dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetnya masing-masing.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Sumber: my-best.com

Berita Terkait