DECEMBER 9, 2022
Internasional

Palestina akan Ikut Sidang PBB secara Resmi untuk Pertama Kali dalam Sejarah

image
Palestina akan hadir dalam sidang PBB pertama kalinya (Antara)

LIFESTYLEABC.COM - Perjuangan Palestina untuk mencapai kemerdekaan menginjak langkah baru dan bersejarah dengan mengikuti sidang umum PBB secara resmi untuk pertama kalinya.

Palestina yang bergabung dalam sidang umum PBB ini diumumkan pada hari Jumat, 30 Agustus 2024 dengan memiliki kursi di antara perwakilan negara lainnya.

Rencananya, Palestina akan duduk bersebelahan dengan Sri Lanka dan Sudan dalam sidang PBB yang membahas seputar isu di seluruh dunia.

Baca Juga: Negara Eropa Kurangi Jatah Tarif Impor Mobil Listrik VW dan BMW Asal China

"Mulai dari Sidang Umum ke-79, dan untuk pertama kalinya, Anda dapat menemukan Negara Palestina duduk di antara Sri Lanka dan Sudan," tulis misi tersebut di X, menambahkan bahwa posisi ini diperoleh setelah sebuah resolusi diadopsi dalam Sidang Umum.

Resolusi ES-10/23 memberikan Palestina hak dan keistimewaan tambahan untuk berpartisipasi di PBB, menandai peningkatan status yang signifikan dalam organisasi internasional tersebut.

Pada Mei lalu, Sidang Umum PBB menyetujui resolusi yang menyerukan peninjauan kembali upaya keanggotaan Palestina di PBB dan pemberian hak tambahan.

Resolusi tersebut diadopsi dengan 143 negara anggota memberikan suara mendukung. Amerika Serikat (AS) termasuk di antara sembilan negara yang menentang resolusi, sementara 25 negara lainnya abstain.

Palestina mengajukan permohonan keanggotaan penuh PBB pada tahun 2011, namun tidak menerima dukungan yang diperlukan dari Dewan Keamanan karena veto dari Amerika Serikat.

Namun, pada tahun 2012, Palestina memperoleh status "pengamat permanen."***

Sumber: Antara

Berita Terkait