DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Dirayakan di Indonesia

image
Sejarah perayaan Hari Olahraga Nasional di Indonesia (UNSPLASH/Michal Mrozek)

LIFESTYLEABC.COM - Hari Olahraga Nasional (Haornas) merupakan peringatan tahunan yang dirayakan pada tanggal 9 September setiap tahunnya di Indonesia.

Hari Olahraga nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga Indonesia tentang pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, hari nasional ini juga menjadi momen spesial bagi para atlet.

Hari Olahraga Nasional dimulai pada tahun 1945, ketika semangat proklamasi kemerdekaan Indonesia masih hangat. Saat itu, Presiden Soekarno mengutarakan idenya untuk merayakan kebugaran jasmani dan menggalang persatuan di antara masyarakat Indonesia yang beragam. 

Baca Juga: Cukup Dengan Memakan Buah-Buahan Dapat Mencegah Depresi Ketika Masa Usia Senja

Tanggal 9 September dipilih menjadi Hari Olahraga Nasional karena bertepatan dengan tanggal pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang diselenggarakan di Solo pada tahun 1948. 

PON menjadi tonggak sejarah penting dalam dunia olahraga Indonesia. Saat itu Indonesia baru saja merdeka dan PON menjadi ajang mempererat persatuan bangsa melalui kompetisi olahraga. 

Semangat PON kemudian diwujudkan dalam semangat Hari Olahraga Nasional yang setiap tahunnya diperingati dengan berbagai kegiatan olahraga di seluruh Indonesia. 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dalam Buah Semangka yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Hari Olahraga Nasional mempunyai tujuan yang sangat mulia. Salah satunya adalah mendorong masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya hidup sehat dan aktif. 

Pemerintah Indonesia percaya bahwa olahraga adalah alat yang efektif untuk menjaga kesehatan pribadi dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat. 

Selain itu, Haornas mempunyai tugas memajukan olahraga sebagai sarana memperkokoh persatuan dan jati diri bangsa. Hal ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).***

Baca Juga: Tips Olahraga yang harus Diperhatikan Agar Terhindar dari Cedera Ringan Sampai Berat

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait