DECEMBER 9, 2022
News

Efek Samping Konsumsi Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Diwaspadai

image
Dampak buruk konsumsi daun kelor untuk kesehatan tubuh (Siloam Hospital)

LIFESTYLEABC.COM - Daun kelor salah satu obat herbal yang biasa di manfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Namun tidak setiap orang bisa menyukai untuk mengkonsumsi daun kelor karena rasanya yang tidak begitu sedap.

Indonesia sebagai negara tropis, menyimpan banyak daun kelor di berbagai lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai ramuan makanan hingga minuman.

Menurut beberapa penelitian, daun kelor mempunyai manfaat seperti mencegah gejala menopause, meningkatkan daya tahan tubuh penderita HIV/AIDS, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Namun daun kelor tidak selalu cocok untuk semua orang, contohnya seperti penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan hormon tiroid. Jika pasien tersebut sedang menjalani pengobatan dengan dokter, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi tanaman ini. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi efek samping jangka panjang pada tubuh pasien. 

Beberapa efek samping dari mengkonsumsi daun kelor antara lain: 

1. Menyebabkan diare

Daun kelor mempunyai sifat pencahar, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tidak memperhatikan waktunya dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan. Jika mengkonsumsi daun kelor terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, diare, dan mulas.

2. Mual

Tidak semua orang menyukai aroma dan rasa daun kelor yang dirasa tidak sedap ketika diminum atau dimakan. Karena itulah jika kita tidak menyukai rasa pahit, daun kelor bisa menyebabkan reaksi mual hingga muntah.

3. Menyebabkan hemokromatosis

Mengkonsumsi daun kelor secara berlebihan dapat memperparah kondisi orang yang mengidap hemokromatosis. Hemokromatosis bisa diartikan sebagai kondisi ketika tubuh terlalu banyak menyimpan kandungan zat besi.

4. Kadar gula darah turun terlalu rendah
Beberapa penelitian menunjukkan kalau mengkonsumsi daun kelor bersamaan dengan obat diabetes bisa menyebabkan efek interaksi obat. Karena, daun kelor bisa memengaruhi cara kerja obat diabetes dan menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah (hipoglikemia). 

5. Tekanan darah terlalu rendah
Selain obat diabetes, mengkonsumsi daun kelor juga tidak disarankan jika sedang mengonsumsi obat untuk tekanan darah. Karena efek dari daun kelor bisa menyebabkan tekanan darah turun terlalu rendah (hipotensi). 

Walaupun daun kelor memiliki segudang manfaat bagi tubuh, perlu di ingat juga kalau tidak boleh terlalu banyak dalam mengkonsumsinya. Karena akan menimbulkan efek samping jangka panjang, dan bagi orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan, harus konsultasi dengan dokter.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait