DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Ide Bisnis hanya Dengan Modal 1 Juta Rupiah Potensi Keuntungan Ratusan Juta

image
Ide bisnis dengan modal awal cukup hanya Rp1 juta (UNSPLASH/Ravi Sharma)

LIFESTYLEABC.COM - Memulai bisnis dengan modal terbatas, seperti 1 juta rupiah, mungkin terdengar sulit. Namun, dengan perencanaan yang cerdas dan pemilihan ide yang tepat, modal tersebut bisa menjadi langkah awal untuk meraih kesuksesan. 

Banyak peluang bisnis sederhana yang bisa dijalankan dengan modal kecil, asalkan kita mampu memanfaatkan kreativitas dan sumber daya yang ada. Modal 1 juta bukanlah hambatan, melainkan tantangan untuk memulai bisnis dengan cara yang lebih efisien dan inovatif. 

Selain itu, penting juga untuk menjaga pengelolaan keuangan selama menjalankan bisnis dengan baik sejak awal. Gunakan modal secara bijak, prioritaskan kebutuhan utama, dan hindari pengeluaran yang tidak perlu.

Baca Juga: Tips Karir Untuk Memulai Bisnis Fashion Pribadi Agar Sukses Disertai Cara Pemasaran Kepada Pelanggan

Dengan pengelolaan yang tepat, modal 1 juta dapat berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan. Bahkan bukan mustahil jika Anda bisa merekrut karyawan dalam jumlah besar.

Berikut ini 5 Ide bisnis dengan modal hanya 1 juta: 

1. Pesanan Kue Kering

Baca Juga: Tips Karir untuk Memulai Bisnis Makanan dari Awal agar Sukses Disukai Pelanggan

Kamu bisa membuat usaha dengan modal 1 juta di bidang (F&B), lho! Bisnis kuliner ini cocok untuk kamu yang punya keahlian memanggang kue kering dan oven di rumah. Kamu bisa menerima pesanan request pelanggan atau meracik kue kering sendiri. Untuk memulai bisnis kue kering ini, Anda bahkan tidak membutuhkan modal yang mencapai angka Rp1 juta. Anda bisa meminimalisir jumlah modal yang dikeluarkan jika bisa memilih bahan yang berkualitas tapi terjangkau.

2. Jasa Laundry

Dari pada dibiarkan menganggur, lebih baik mesin cucinya digunakan untuk menjalankan bisnis laundry. Anda hanya perlu menyediakan plastik pembungkus, detergen dan pewangi untuk memulai usaha laundry. Apalagi jika kamu tinggal di area kos-kosan yang membutuhkan jasa laundry, bisa membuat peluangmu semakin besar. 

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dan hanya Butuh Modal Jumlah Kecil, Bisa Berawal dari Hobi

3. Dropship

Bisnis dropship tidak mengeluarkan modal untuk menyetok atau memproduksi barangnya. Salah satu pilihan bisnis lain dengan modal awal yang terjangkau adalah dropshiper. Kamu bisa menjadi dropshipper dan menjalankan usaha dengan modal 1 juta ini dengan mudah. Dengan modal Rp1 juta yang kamu miliki nantinya bisa kamu gunakan untuk membuat iklan online atau jasa foto produk agar tampilannya lebih menarik dan orisinal.

4. Buket Bunga

Di samping aksesoris dan berbagai produk kerajinan tangan, menjual buket bunga juga cocok untuk kamu yang memiliki kreativitas tinggi. Ini menjadi salah satu contoh usaha modal 1 juta untung besar yang direkomendasikan karena peluangnya cukup menjanjikan. Salah satu potensi pesanan tinggi buket bunga biasa datang dari yudisium, wisuda, ulang tahun, ataupun pernikahan. 

5. Makanan Ringan

Makanan ringan juga menjadi pilihan bisnis lain yang bisa Anda mulai hanya dengan modal awal terjangkau. Biasanya, makanan ini selalu ada sebagai teman menonton televisi atau saat menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat. Kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak, lalu kamu kemas lagi menjadi ukuran kecil. 

Kunci utama dalam memulai bisnis adalah fokus pada produk yang memiliki permintaan tinggi dan strategi pemasaran yang efektif, seperti memanfaatkan media sosial untuk promosi.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait