DECEMBER 9, 2022
Selebriti

Profil dan Perjalanan Karir Lisa Blackpink yang Mendapat Penghargaan MTV VMAs 2024

image
Profil Lisa Blackpink yang meraih penghargaan MTV VMAs 2024 untuk lagu solo Rockstar (Soompi)

LIFESTYLEABC.COM - Lisa Blackpink kembali mengibarkan prestasi dengan meraih penghargaan internasional MTV VMAs 2024 pada Kamis, 12 September 2024 kemarin.

Nama Lisa Blackpink dikenal luas setelah debut di bawah bendera managemen YG Entertainment bersama Jisoo, Jennie dan Rose dalam grup Blackpink.

Setelah berhasil meraih penghargaan MTV VMAs 2024 ini, nama penyanyi Lisa Blackpink kembali disorot karena berhasil menginjakan kaki di panggung hiburan internasional.

Baca Juga: Lirik Lagu Smoke Dibawakan oleh Jaehyun NCT untuk Debut Solo, Ceritakan Ungkapan Kasih Sayang

Lisa Blackpink atau dengan nama aslinya Pranpriya Manoban atau Lisa Manoban (nama panggung). Lisa lahir pada tanggal 27 Maret 1997 di Buriram Thailand. 

Lisa Blackpink adalah seorang penyanyi, penari, dan rapper asal Thailand yang merupakan salah satu anggota dari grup musik populer asal Korea Selatan, Blackpink. 

Blackpink sendiri adalah salah satu girl band asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan YG Entertainment, yang beranggotakan dari empat orang yaitu Lisa, Jenny, Rose, dan Jisoo. 

Baca Juga: Lirik Lagu Run Away Dinyanyikan oleh Tzuyu Twice, jadi Member Ketiga Debut Solo

Sejak kecil Lisa Blackpink telah menunjukkan minat dan bakatnya dalam menari. Di saat usianya 4 tahun, dia mulai mengambil kelas menari menjadi seorang penari yang handal sejak saat itu. 

Selain aktif dalam kegiatan estrakurikuler klub tari, Lisa Blackpink di masa sekolah juga seorang siswa yang rajin dan memiliki nilai yang baik. Dia bersekolah di Praphamontree II School di Thailand. 

Lisa Blackpink mengawali kariernya dengan mengikuti audisi kompetisi YG Entertainment pada tahun 2010 saat usianya baru 13 tahun. Keberhasilannya meraih posisi pertama dalam audisi tersebut membawanya menjadi trainee di YG Entertainment dan pindah ke Korea Selatan. 

Baca Juga: Lirik Lagu Done, Dibawakan Oleh naevis Penyanyi Idol Virtual Pertama SM Entertainment

Pada Maret 2015, Lisa Blackpink mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai model pakaian dari Nona9on dan pada 2016, Lisa menjadi model kosmetik Korea Selatan Moonshot.  

Di tahun yang sama pada 2016, selama lima tahun menjalani pelatihan sebagai trainee, Lisa Blackpink akhirnya debut sebagai penari utama dan rapper di girl group Blackpink. 

Di tahun tersebut, sebagai debut pertamanya Blackpink mengeluarkan single yang berjudul "Whistle" dan "Boombayah". Singel tersebut akhirnya mampu bersaing dengan lagu yang lain dan terbukti menduduki semua tangga lagu di Korea Selatan. 

Kesuksesan BLACKPINK membuka jalan bagi Lisa untuk memulai karier solonya. Pada tahun 2021, dia merilis album single solonya yang berjudul "Lalisa," yang menampilkan lagu-lagu hits seperti "Lalisa" dan "Money". 

Nama Lisa Blackpink semakin melambung tinggi. Hal ini dibuktikannya dengan membawa pulang sejumlah penghargaan dalam beberapa ajang internasional yaitu Guinness World Records, Mnet Asian Music Award, Gaon Chart Music Award, dan MTV Video Music Award dan MTV Europe Music Award. 

Dia juga mengambil kelas bahasa Korea untuk memperluas kemampuannya dalam berkomunikasi dengan orang-orang Korea Selatan. 

Lisa Blackpink juga memulai kariernya sebagai model dan menjadi duta merek-merek ternama seperti Puma, Moonshot, BVLGARI, majalah fashiom seperti Elle dan Harper's Bazaar. 

Tidak hanya itu, Lisa Blackpink juga pernah menjadi host di acara televisi Korea Selatan seperti Real Men 300 dan Youth With You 2.  Menjadi juri di acara Youth With You 3 dan Kingdom: Legendary War. 

Pada tahun 2024, baru-baru ini Lisa Blackpink mendirikan label rekamannya sendiri yang bernama LLOUD.* 

Berita Terkait