DECEMBER 9, 2022
Kuliner

Bahan dan Resep Makanan Ramen Goreng Hiruzen, Menu Kuliner khas Kota Maniwa Jepang

image
Resep makanan ramen goreng Hiruzen jadi menu kuliner khas Kota Maniwa, Jepang (Youtube/Devina Hermawan)

LIFESTYLEABC.COM - Mungkin anda masih belum mengenal nama resep makanan ramen goreng Hiruzen yang menjadi salah satu kuliner khas Kota Maniwa, Jepang.

Resep makanan ramen goreng Hiruzen ini berbeda dari ramen biasanya yang menggunakan kuah menambah cita rasanya dan menjadi kuliner khas Kota Maniwa, Jepang.

Sama halnya dengan versi berkuah, resep makanan ramen goreng Hiruzen ini bisa dibumbui dengan daging ayam ataupun babi dan sudah dikenal sebagai kuliner khas Kota Maniwa, Jepang.

Di Indonesia sendiri umumnya ramen yang lebih disukai dan dibuat di restoran adalah yang berkuah, namun bukan berarti resep makanan ramen goreng Hiruzen ini tidak kalah lezat.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus diperhatikan dengan detail sebelum membuat resep makanan ramen goreng Hiruzen dan menjadi kuliner khas Kota Maniwa, Jepang:

1. 240 gr mie ramen matang

2. 90 gr daging ayam

3. Sejumput garam

4. 1 sdt sake

5. 60 gr kubis

6. 1-2 sdt minyak

7. Sejumput garam dan merica

Bahan saus:

1. 1 sdm kecap asin

2. 1 sdt sake

3. 1 sdt gula

4. 1 sdt mirin

5. 1 sdt pasta miso

6. 1 sdt kecap inggris

7. 1/2 sdt cuka beras

8. 1/2 sdt wijen halus

9. 1/3 sdt bawang putih parut

10. 1/3 sdt jahe, parut

Bahan topping:

Jahe merah acar atau beni-shoga

Pastikan tidak ada bahan di atas yang terlewat kemudian bisa mulai membuat resep makanan ramen goreng Hiruzen seperti di bawah ini:

1. Langkah pertama untuk menyajikan ramen goreng Hiruzen adalah merebus mie ramen terlebih dahulu hingga matang. Setelah itu, bilas mie dengan air dingin agar teksturnya lebih kenyal dan bersih.

2. Selanjutnya, potong daging ayam dan kubis menjadi potongan kecil. Pijat-pijat daging ayam dengan sedikit garam dan sake untuk memperkuat rasa.

3. Di samping itu, campurkan kecap asin, sake, gula, mirin, pasta miso, kecap inggris, cuka beras, wijen halus, bawang putih parut, dan jahe parut dalam sebuah mangkuk untuk membuat sausnya terlebih dahulu. Proses ini akan memastikan bahwa semua bahan tercampur dengan merata sehingga saus memiliki cita rasa yang harmonis.

4. Panaskan sedikit minyak di wajan. Tumis daging ayam yang sudah disiapkan hingga berubah warna dan matang.

5. Setelah itu, tambahkan potongan kubis ke dalam wajan dan masak hingga kubis menjadi lembut. Proses ini tidak hanya memasak bahan-bahan utama dengan sempurna tetapi juga menghasilkan aroma yang menggugah selera.

6. Setelah daging ayam dan kubis matang, matikan api kompor. Tambahkan mie ramen yang sudah direbus dan dikeringkan ke dalam wajan.

7. Kemudian, tuangkan campuran saus yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam wajan. Aduk secara merata sehingga mie dan bahan lainnya terbalut dengan saus yang kaya rasa.

8. Hidupkan kembali api kompor dan tumis semua bahan hingga saus meresap sempurna ke dalam mie dan bahan lainnya.

9. Terakhir, hias hidangan dengan potongan jahe merah acar (beni-shoga) untuk memberikan sentuhan akhir yang segar dan menambahkan kontras warna yang menarik. Ramen goreng Hiruzen siap disajikan dan dinikmati.

Resep makanan ramen goreng Hiruzen ini lebih lezat dinikmati saat masih hangat di atas piring dengan berbagai topping yang sudah disediakan.***

Berita Terkait