DECEMBER 9, 2022
Kuliner

Bahan dan Resep Makanan Nasi Goreng Sei Cabe Ijo, Menu Hidangan Kuliner Pedas untuk Makan Malam

image
Resep makanan nasi goreng sei cabe ijo jadi hidangan kuliner untuk makan malam (Youtube/Devina Hermawan)

LIFESTYLEABC.COM - Jika sedang mencari hidangan kuliner yang cocok untuk dijadikan menu makan malam maka Anda bisa coba membuat resep makanan nasi goreng sei cabe ijo.

Nasi goreng sei cabe ijo merupakan salah satu menu hidangan kuliner dengan masakan daging sapi dan tambahan cabe ijo yang menambah cita rasa pedas yang menggoyang lidah.

Rasa pedas dan gurih membuat resep makanan nasi goreng sei cabe ijo cocok Anda sajikan untuk makan malam keluarga di rumah dilengkapi dengan rasa gurih.

Anda bisa menyiapkan daging sapi sebagai salah satu pelengkap resep makanan nasi goreng sei cabe ijo yang menjadi pelengkap hidangan kuliner ini.

Di bawah ini adalah beebrapa bahan untuk membuat resep makanan nasi goreng sei cabe ijo yang bisa diikuti dan dibuat di rumah:

1. 300 gram nasi putih

2. 3 butir telur ayam

3. 3 siung bawang putih

4. 2 buah cabai hijau besar

5. 5 buah cabai rawit hijau

6. 2 batang daun bawang

7. 100 gram daging sei sapi yang sudah dipotong-potong

8. 1 sdt garam

9. 1 sdt kaldu bubuk sapi

10. 1/2 sdt lada bubuk

11. 2 sdm saus perasa

Sedangkan berikut ini adalah langkah dan proses pembuatan yang bisa diikuti untuk membuat resep makanan nasi goreng sei cabe ijo untuk menu makan malam:

1. Kupas bawang putih, kemudian masukkan ke dalam chopper atau blender. Tambahkan cabe hijau besar, kemudian tekan tombolnya dan tunggu beberapa saat sampai bumbu cabe ijo tersebut halus. Jika sudah halus, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

2. Lanjut, cuci bersih cabai rawit hijau dan daun bawang menggunakan air mengalir. Iris tipis cabai rawit hijau beserta daun bawang, lalu sisihkan.

3. Tuangkan sedikit saja minyak ke dalam wajan dan panaskan dengan api kompor. Sambil menunggu minya panas, kocok tiga butir telur dalam wadah atau mangkuk bersih hingga putih dan kuningnya menyatu.

4. Tuangkan kocokan telur ke dalam minyak panas. Goreng sampai setengah matang, lalu aduk dan hancurkan telur sampai menjadi orak-arik. Angkat dan tiriskan jika sudah.

5. Apabila minyak di wajan habis terserap, tuangkan lagi sedikit saja lalu panaskan. Masukkan bumbu cabe ijo yang sudah dihaluskan tadi, kemudian tumis sampai aromanya harum.

6. Setelah harum, masukkan sei sapi, cabe rawit, serta irisan daun bawang bagian putihnya. Aduk-aduk sampai tercampur merata dan daging sapi warnanya sedikit berubah.

7. Tambahkan orak-arik telur yang sudah dibuat sebelumnya. Aduk-aduk lagi sampai merata dan tercampur dengan seluruh bumbu dan bahan tumisan.

8. Kecilkan apinya terlebih dahulu, kemudian masukkan nasi putih, garam, lada bubuk, kaldu bubuk, dan saus raja rasa secukupnya. Besarkan api kompor dan aduk lagi hingga semuanya tercampur merata.

9. Apabila nasi goreng sei cabe ijo dirasa sudah matang, segera masukkan bagian hijau dari irisan daun bawang. Aduk-aduk lagi sampai sedikit layu, kemudian koreksi rasanya.

10. Apabila sudah pas, matikan kompor dan pindahkan nasi goreng sei cabe ijo tersebut ke atas mangkuk atau piring saji. Sajikan bersama kerupuk atau acar agar lebih menggoda.

Ketika siap disajikan, nasi goreng sei cabe ijo cocok dinikmati saat masih panas setelah matang yang sedap disantap saat makan malam.***

Berita Terkait