DECEMBER 9, 2022
News

Macam-Macam Jenis Diet Sehat paling Efektif untuk Mencapai Berat Badan Ideal

image
Jenis diet sehat dengan tujuan mencapai berat badan ideal (UNSPLASH/ Pablo Merchán Montes)

LIFESTYLEABC.COM - Tahun 2024 terdapat banyak jenis diet sehat yang perlu Anda ketahui jika ingin menurunkan dan mencapai berat badan ideal dengan tujuannya masing-masing.

Berat badan ideal sering kali menjadi impian bagi banyak orang yang rasanya sulit didapat namun didorong dengan pola diet sehat mungkin akan membantu Anda mencapai keinginan Anda.

Tujuan utama dari diet sehat ini adalah untuk menjaga keseimbangan antara nutrisi namun di saat yang sama tetap mendapat kondisi tubuh yang prima hingga akhirnya mencapai berat badan ideal.

Diet sehat ini membantah untuk mencapai berat badan ideal harus melewati fase selalu merasa kelaparan dan membuat tubuh menjadi sangat kurus.

Karena dengan diet sehat ini Anda bisa mencapai berat badan ideal tapi tetap memenuhi segala kebutuhan stamina dan nutrisi agar bisa beraktifitas.

Berikut ini adalah beberapa nama dan jenis diet sehat untuk mencapai berat badan ideal tetapi tetap bisa memenuhi nutrisi setiap hari:

1. Diet Mediterania

Diet ini dilakukan dengan rutin konsumsi makanan sehat dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan, seperti buah, sayur, kacang, dan biji-bijian. Makanan ini wajib menjadi makanan utama.

Jika bosan hanya makanan sayuran dan buah, Anda bisa menambahkan makanan protein, seperti ayam, daging merah, telur, atau yang lainnya dengan porsi yang sedikit saja.

2. Diet Keto

Diet ini dilakukan dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya lemak sehat dan protein. Hal ini dilakukan agar tubuh mempunyai tinggi kalori lemak sehat dan kalori.

Proses diet keto dengan mengurangi kandungan gula dan karbohidrat yang menjadi sumber utama energi tubuh. Kemudian, terjadi proses ketosis atau tubuh tidak memiliki kandungan gula yang menjadi energi tubuh, namun diganti dengan adanya lemak dan protein.

Hal ini yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Akan tetapi diet keto dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka waktu pendek. Cukup sampai dua sampai tiga minggu dan paling lama sampai enam sampai 12 bulan.

3. Diet Paleo

Diet ini dilakukan dengan hanya konsumsi makanan yang kaya kandungan protein. Hindari makanan mengandung karbohidrat, gula, dan lain-lain yang memicu berat badan naik.

Pengolahan makanan yang akan dikonsumsi ketika diet paleo sangat dianjurkan dengan cara dikukus, ditumis, atau dipanggang. Hindarilah pengolahan goreng atau minyak berlebih.

Dengan melakukan diet paleo akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah kolesterol, tinggi gula darah, gangguan jantung, dan berat badan yang ideal.***

Sumber: Antara

Berita Terkait