DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir dan Tanda Anda belum Mempunyai Mental Sukses untuk Berkarya

image
Tips karir untuk membangun mental sukses berkarya (UNSPLASH/Brent Gorwin)

LIFESTYLEABC.COM - Berkarya secara mandiri bisa disalurkan dengan berbagai bentuk, namun tips karir memberikan tanda-tanda jika Anda belum mempunyai mental untuk sukses berkarir.

Tips karir ini membahas seputar tentang sikap dan karakter diri Anda yang mudah bimbang saat menjalani proses berkarya secara mandiri namun mudah tumbang dalam waktu singkat.

Jika mempunyai sifat dan karakter seperti yang disampaikan pada tips karir ini maka besar kemungkinan Anda belum mempunyai mental untuk sukses dengan usaha sendiri.

Baca Juga: Tips Karir yang menyebut Kesalahan selama Bekerja di Kantor dan jadi Karyawan Harian

Jika ingin melangkah maju, maka Anda perlu menata diri dan mendisiplinkan diri baik dari sikap dan rutinitas agar bisa mendapat karir yang sukses selama berkarya mandiri.

Berikut ini adalah beberapa tips karir yang menjelaskan sikap dan karakter yang menandakan Anda belum mempunyai mental sukses berkarya:

1. Membuat karya tapi tidak dipublikasikan

Baca Juga: Tips Karir Tentang Tanda Anda akan Segera Dipecat dari Kantor dan Pekerjaan

Terkadang banyak ide yang datang dan mendorong Anda untuk membuat karya sebanyak-banyaknya baik dalam bentuk tulisan maupun video dan berbagai macam platform.

Namun faktor seperti takut dihujat atau diejek oleh orang lain menjadi penyebab banyak orang tidak kunjung mempublikasikan karyanya ke publik.

Padahal bisa saja dari sekian banyak karya yang dihasilkan benar-benar bisa membuahkan keuntungan atau setidaknya menarik perhatian orang lain untuk bekerjasama.

Baca Juga: Tips Karir untuk Memulai Bisnis Makanan dari Awal agar Sukses Disukai Pelanggan

2. Dipuji justru merasa jatuh

Kepercayaan diri yang rendah juga bisa menjadi penyebab lain kemajuan berkarya Anda tidak kunjung bergerak dan selalu stagnan.

Bahkan meskipun mendapat pujian dari orang lain Anda justru merasa jatuh dan merasa karya yang Anda buat dirasa buruk dan menghilangkan semangat berkarya yang ada.

Puji dan apresiasi terhadap karya sendiri juga menjadi faktor penting selama proses berkarya yang akan mendorong peningkatan diri sambil meminta saran dan masukan dari orang lain.

Dengan begitu Anda tidak akan mudah patah semangat dan tetap konsisten berkarya karena mendapat apresiasi dari orang lain dan diri sendiri.

3. Dikritik jadi tumbang

Sama seperti dipuji, kritikan dari penonton atau pembaca karya Anda juga bisa menjadi faktor tidak berkembangnya perjalanan karir mandiri Anda.

Jika setiap kritikan yang datang membuat Anda patah semangat bisa jadi itu adalah tanda Anda tidak bisa membedakan kritik yang membangun atau yang sengaja menjatuhkan.

Pastikan saring informasi dari kritikan yang dapat membuat karya Anda jadi lebih baik baik itu dari teman ataupun kerabat yang mengerti tentang pekerjaan yang Anda tekuni.***

Berita Terkait