DECEMBER 9, 2022
News

Penjelasan Alasan Anda Tidak Dianjurkan Mencabut Uban untuk Menjaga Kesehatan Rambut

image
Alasan tidak boleh mencabut uban untuk menjaga kesehatan rambut (UNSPLASH/Tatiana Zanon)

LIFESTYLEABC.COM - Seiring bertambahnya usia pasti muncul uban di kepala dan menjadi pertanda mulai menuanya kesehatan rambut ketika memasuki usia senja.

Seringkali munculnya uban tidak disukai oleh beberapa orang karena menolak usia senja sehingga dipaksanya untuk dicabut yang justru memperburuk kesehatan rambut.

Mencabut uban ini sebaiknya tidak dilakukan jika ingin menjaga kesehatan rambut agar tetap sehat dan tetap lebat dan bisa tampil percaya diri ketika beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Tips Kecantikan Untuk Merawat Rambut Agar Tidak Lepek Saat Cuaca Panas Melanda

Di samping larangan untuk mencabut uban, terdapat mitos seputar tentang kesehatan rambut dan rambut putih yang biasanya datang ketika usia senja ini.

Mitos ini adalah tentang banyaknya pendapat yang menyebut jika dengan mencabut uban bisa menumbuhkan lebih banyak rambut di kepala.

Lebih tepatnya, dengan mencabut uban hanya akan menumbuhkan 1 helai rambut baru yang justru tidak sebanding dengan dicabutnya rambut yang menghilang dari kepala.

Baca Juga: Dokter Spesialis Dermatologi Bagikan Tips Menjaga Kesehatan Rambut Sesuai Aturan

Jika Anda terlalu banyak mencabut uban dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut yang bisa memperburuk kondisi Anda hingga kemungkinan terburuknya adalah mengalami kebotakan.

Mengutip pernyataan University of Arkansas for Medical Science mengungkapkan jika mencabut uban hingga ke akar-akarnya bisa menyebabkan luka hingga menyebabkan infeksi.

Menurut dokter spesialis keluarga University of Arkansas for Medical Science mengungkapkan jika mencabut uban bisa menyebabkan trauma pada folikel rambut.

Baca Juga: Dokter Spesialis Dermatologi Jelaskan Ciri-Ciri Kesehatan Rambut Menua tidak hanya Uban

Dengan trauma pada folikel rambut ini yang menyebabkan infeksi, pembentukan luka hingga mengakibatkan kebotakan yang tentu menjadi pertanda buruk untuk kesehatan rambut.

Salah satu cara yang aman untuk menghindari kehadiran uban adalah dengan mewarnai dan mengecat rambut Anda ketimbang mencabutnya secara langsung.

Dengan menggunakan cat rambut ini Anda tetap bisa menjaga kesehatan rambut dengan baik tanpa menyebabkan kerusakan.***

Berita Terkait