DECEMBER 9, 2022
News

Kebiasaan Minum Kopi Sehari-Hari yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan Ginjal

image
Kebiasaan yang harus dihindari saat meminum kopi untuk menjaga kesehatan ginjal (UNSPLASH/Yanapi Senaud)

LIFESTYLEABC.COM - Minum kopi dengan berbagai varian rasa memang menjadi menu favorit untuk dinikmati setiap sore namun rupanya bisa berdampak buruk untuk kesehatan ginjal.

Beberapa orang sering melakukan kebiasaan tertentu saat meminum kopi yang berdampak buruk untuk kesehatan ginjal dan harus dihindari.

Anda bisa menikmati kopi setiap saat dengan cita rasanya sendiri tanpa harus melakukan kebiasaan ini demi menjaga kesehatan ginjal tetap sehat dan mencerna makanan di dalam tubuh.

Baca Juga: Fakta Unik Meminum Kopi Ditambah Kayu Manis Dapat Tingkatkan Funsgi Kognitif dan Kesehatan Otak

Salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah meminum kopi secara berlebihan dan menyebabkan banyaknya jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh.

Jika terlalu banyak meminum kopi dalam satu hari akan membebani kerja dan memperburuk kesehatan ginjal karena menyebabkan disfungsi organ pencernaan ini.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk lainnya yang perlu dihindari ketika meminum kopi untuk menjaga kesehatan ginjal:

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dalam Buah Semangka yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

1. Menambahkan gula terlalu banyak

Kopi yang diracik sendiri memang sering kali terasa pahit karena memang menjadi cita rasa utamanya yang ingin dinikmati oleh banyak orang.

Namun beberapa di antaranya juga menambahkan gula untuk mempermanis minuman kopi untuk mengurangi rasa pahitnya ketika dicicipi.

Baca Juga: Berkenalan dengan Jenis Kopi Putih Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Perlu diingat jika terlalu banyak menggunakan gula pada minuman kopi bisa berdampak buruk bagi kesehatan ginjal yang mungkin awalnya tidak Anda sadari.

Selain mengancam kesehatan ginjal, menambahkan gula pada minuman kopi Anda juga dapat meningkatkan risiko terkena obesitas dan berdampak buruk pada kesehatan tubuh secara umum.

2. Menggunakan krimer non-dairy tinggi lemak

Untuk mengganti peran gula ketika meminum kopi, banyak orang menggunakan krimer non-dairy yang dapat menambah rasa manis pada minuman Anda.

Namun sama seperti gula, rupanya menambahkan krimer non-dairy pada minuman kopi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan ginjal.

Hal ini disebabkan lemak jenuh pada krimer non-dairy yang ditambahkan pada kopi bisa memperburuk kesehatan ginjal yang bisa dirasakan kemudian hari.

Salah satu alternatif yang sehat untuk tambahan meminum kopi seperti krimer nabati atau susu almond tanpa tambahan gula yang dapat dinikmati tanpa mengancam kesehatan ginjal.

3. Garam

Menambahkan garam pada minuman kopi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan ginjal yang berawal dari meningkatnya tekanan darah pada tubuh.

Hal ini dikarenakan ginjal yang berfungsi untuk mengendalikan keseimbangan sodium pada tubuh yang jika terlalu banyak konsumsi garam akan memperburuk kesehatan ginjal.

Dengan menghindari kebiasaan buruk di atas, Anda masih bisa menikmati kopi sebagai minuman favorit tapa mengancam kesehatan ginjal.***

Berita Terkait