DECEMBER 9, 2022
Selebriti

Profil dan Kronologi Min Hee Jin Dipecat dari Jabatan CEO ADOR

image
Perseteruan Min Hee Jin mantan CEO ADOR dengan HYBE hingga dipecat (Korean Herald)

LIFESTYLEABC.COM - Kabar dipecatnya Min Hee Jin dari jabatan CEO label ADOR menghebohkan jagat penggemar dunia musik K-Pop internasional termasuk Indonesia.

Dipecatnya Min Hee Jin dari ADOR ini berawal dari konflik dengan label HYBE yang menjadi induk perusahaan dan sudah terjadi sejak cukup lama beberapa waktu lalu.

Perseteruan semakin panas, kala Min Hee Jin yang masih duduk di jabatan CEO ADOR menggelar konferensi pers dan menjelaskan konfliknya dengan HYBE.

Baca Juga: Persamaan Watak Jang Nara dan Yu Na Sebagai Ibu dan Anak dalam Drakor Good Partner

Min Hee Jin berkewarganegaan dari korea selatan. Min Hee Jin termasuk seseorang yang cukup terkenal di dunia musik hiburan. Dia bekerja sebagai Visual & Art Director, Graphic Designer. Lahir pada bulan Februari 1979.

Min Hee Jin adalah seorang sarjana dari Seoul Women's University dengan jurusan Visual Design, dari hal tersebut yang membuatnya ada ketertarikan di dalam dunia seni dan desain. 

Kariernya di industri hiburan dimulai pada tahun 2002, saat itu Min Hee Jin bergabung dengan SM Entertainment. Selama kurang lebih sekitar 17 tahun, Min Hee Jin menjadi direktur kreatif dan salah satu anggota dewan di SM Entertainment.

Baca Juga: Sinopsis Drakor No Gain No Love, Ceritakan Drama Pernikahan Palsu Shin Min A dan Kim Young Dae

Min Hee Jin memiliki pemikiran kreatif dalam membentuk citra dan konsep visual dari beberapa grup K-Pop terkenal seperti Girls' Generation, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet dan NCT. 

Min Hee Jin juga berperan penting dalam memilih konsep debut atau comeback grup, desain album, pemilihan kostum, logo grup, dan aspek visual lainnya.

Pada tahun 2019 Min Hee Jin memutuskan untuk keluar dari SM Entertainment, setelah kurang lebih 17 tahun bekerja di agensi tersebut. Min Hee Jin sempat mendapat tawaran kerja dari berbagai agensi hiburan, namun pilihannya jatuh kepada HYBE, perusahaan milik Bang Si Hyuk. HYBE adalah agensi bagi grup-grup terkenal seperti BTS dan TXT.

Baca Juga: Perbedaan HYBE dan ADOR Disorot Setelah Min Hee Jin Mengundurkan Diri dari Jabatan CEO

Min Hee Jin bergabung dengan HYBE sebagai Chief Brand Officer (CBO) dan juga diangkat sebagai CEO label musik ADOR (All Doors One Room) yang merupakan salah satu label di bawah naungan HYBE.

Berdasarkan laporan resmi dari ADOR pada Selasa, 27 Agustus 2024, Min Hee Jin akan mengundurkan diri sebagai CEO dari agensi girl group NewJeans tersebut.

Perseteruan berawal dari HYBE menuding Min Hee Jin berusaha ingin mebawa ADOR keluar dari HYBE yang menjadi induk perusahaan dan tidak sejalan dengan rencana bisnis.

 Min Hee Jin sendiri membantah tuduhan tersebut, dan mengklaim tudingan yang dilontarkan HYBE karena dendam kepada dirinya karena mengeluhkan konsep girl group baru HYBE ILLIT yang mirip dengan NewJeans yang dibesarkannya.

Dilansir dari Korea JoongAng Daily, HYBE menyatakan pada hari Selasa bahwa dokumen yang ditemukan dalam audit internal ADOR tampak membuktikan bahwa Min Hee Jin dan eksekutif lainnya berusaha memisahkan diri dari label utama.

CEO HYBE, Park Ji-won, mengatakan kepada karyawan dalam email korporat bahwa penyelidikan diluncurkan untuk mengungkap dan memperbaiki situasi yang “ jelas menunjukkan upaya untuk mengambil alih anak perusahaan.”

Lalu pada tanggal 31 Mei, Hybe berupaya mengadakan rapat umum luar biasa untuk memilih pemecatan Min sebagai CEO dan direktur internal. Produser NewJeans Min Hee-jin mengatakan dia dikeluarkan dari posisinya sebagai CEO ADOR di luar keinginannya, dalam sebuah pernyataan kepada Korea JoongAng Daily pada hari Selasa.

Tetapi Min Hee Jin, mengajukan keberatan atas pemecatannya baru-baru ini. Dalam pernyataan yang dikeluarkan melalui kuasa hukumnya Min Hee Jin berpendapat bahwa keputusan untuk memecatnya sebagai CEO ADOR adalah "sepihak".

Perkataan Min Hee Jin juga diperkuat lagi oleh kuasa hukumnya yang mengklarifikasi bahwa keputusan pengadilan didasarkan pada tidak adanya dasar yang sah untuk pemecatan atau pengunduran dirinya.

Karena persoalan tersebut, sempat mempengaruhi saham dari HYBE hingga turun. 

Pada tanggal 27, perusahaan mengadakan rapat dewan direksi dan menunjuk Kim Joo-young, yang saat ini menjabar sebagai direktur ADOR, sebagai CEO baru," 

Bunyi pernyataan tersebut. "Meskipun mantan CEO Min Hee-jin mengundurkan diri dari jabatannya, ia tetap menjadi direktur di ADOR dan akan melanjutkan pekerjaannya sebagai produser untuk NewJeans."*

Sumber: KoreaJoongAng daily

Berita Terkait