DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Ide Bisnis Tanpa Banyak Kompetitor, Peluang Tinggi jadi Juara Pertama

image
ide bisnis tanpa banyak pesaing untuk meraih kesuksesan (Pixabay/Jf Gabnor)

LIFESTYLEABC.COM - Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, banyak orang merasa kesulitan dalam menemukan peluang usaha yang menjanjikan. Namun, bagi mereka yang jeli, masih ada beberapa usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan memiliki potensi untuk berkembang. 

Salah satu cara untuk menemukan usaha dengan sedikit pesaing adalah dengan melakukan riset dan mengamati tren yang sedang berkembang, baik di dunia digital maupun lingkungan sekitar. 

Selain menemukan ide yang unik, penting juga untuk memanfaatkan teknologi dalam membangun usaha. Dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial dan e-commerce bisa membantu kamu dalam menekan biaya promosi dan memperluas jangkauan pasar. 

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance Terbaik untuk Mahasiswa yang Ingin Mengasah Soft Skills

Inovasi dan layanan pelanggan yang baik akan menjadi pembeda utama di pasar yang masih belum banyak dijajaki ini. Dengan strategi yang tepat, usaha modal kecil ini berpotensi untuk tumbuh besar tanpa harus bersaing secara langsung dengan bisnis besar. 

1. Toko Barang Antik

Tidak hanya generasi tua yang hobi mengoleksi barang antik, tetapi anak muda juga melakukan hal serupa dan menjadi ide awal memulai bisnis. Hal ini membuka peluang bisnis menarik bagi kamu yang memiliki minat dan pengetahuan tentang barang antik. Minimnya toko penjual barang antik di pasaran saat ini dapat menjadi celah yang bisa di manfaatkan untuk memulai usaha dan meraih keuntungan. 

Baca Juga: Rekomendasi Cafe Untuk Mahasiswa Kerjakan Tugas Agar Tidak Bosan

2. Sedia Paket Sayur

Usaha ini menyediakan paket sayur untuk kebutuhan masak sehari-hari, dan belum banyak pesaing. Anda bisa mengisi setiap paket dengan berbagai pilihan kebutuhan membuat menu sayuran seperti tumis, sayur asem sampai sayur sop. Dengan adanya paket sayur, konsumen pun tidak perlu repot membeli bahan-bahan sendiri karena semuanya sudah terkumpul dalam satu paket. 

3. Jasa Titip (Jastip)

Baca Juga: Tips Membangun Bisnis dari Awal, Teliti dan Sabar Adalah Kunci Kesuksesan

Jika kamu suka liburan keluar negeri dan mencoba hal baru, membuka jastip bisa menjadi pilihan usaha modal kecil untuk pemula yang menguntungkan. Mulailah menawarkan jasa kepada teman atau followers instagram terdekat dulu. Setelah mendapat pelanggan tetap, Anda bisa melakukan ekspansi bisnis secara luas dengan menjangkau pelanggan lebih luas.

4. Usaha Makanan Sehat

Pasca pandemi akibat Covid-19, makanan sehat semakin banyak diminati. Namun, usaha makanan sehat masih belum banyak ditemukan. Langkah awal untuk memulai bisnis makanan sehat adalah dengan menemukan resep buatan sendiri dengan keunikan sendiri dan mulai mempromosikan lewat berbagai platform media sosial. 

5. Usaha Makanan Pendamping Asi (MPASI) Meskipun kebutuhan MPASI semakin tinggi, namun masih jarang ditemukan penyedia jasa ini

Sehingga membuka peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Bagi kamu yang memiliki bakat memasak, menjadi penyedia MPASI merupakan pilihan tepat. Anda bisa mulai mencari resep MPASI dengan keunikan sendiri yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Kamu bisa menawarkannya kepada para bunda yang ada di sekitar lingkungan kalian. 

Kunci untuk memulai bisnis di bidang ini adalah memilih bidang usaha yang belum dilirik banyak orang, tetapi tetap memiliki permintaan pasar yang stabil. Dengan modal yang terbatas, kamu tetap bisa memulai usaha yang unik dan berpeluang besar untuk sukses.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait