DECEMBER 9, 2022
Internasional

Profil Rania Al-Abdullah, Menduduki Takhta Ratu Yordania yang Mencuri Perhatian Publik Internasional

image
Profil Rania Al-Abdullah yang menjadi ratu Yordania asal Palestina (Instagram/queenrania)

LIFESTYLEABC.COM - Rania Al-Abdullah adalah seorang perempuan progresif yang berprofesi sebagai advokat yang bersuara di bidang pendidikan, kesehatan, dan hak-hak perempuan dan saat ini menduduki takhta ratu Yordania.

Ratu Rania Al-Abdullah memiliki nama lahir Rania Al Yassin, lahir pada tanggal 31 Agustus 1970 di Kota Kuwait dari orang tua Palestina yang menjadi ratu Yordania. 

RaniaAl-Abdullah adalah perempuan dan Ratu Yordania yang menerima pendidikan di New English School di Kuwait City dan kemudian di American University di Kairo, pada tahun 1991 dia lulus dengan gelar sarjana bisnis 

Baca Juga: Paus Fransiskus Beri Petunjuk untuk Warga Amerika Serikat Memilih Calon Presiden

Ayahnya adalah seorang dokter. Rania Al-Abdullah dan kedua saudaranya dibesarkan di kota Tepi Barat, Tulkarm, tempat ayahnya bekerja. 

Dalam karier profesional awalnya Rania bekerja di bidang perbankan dan teknologi informasi. Pada bulan Januari 1993, Rania menemani seorang rekan kerja di Apple ke sebuah pesta makan malam yang diadakan oleh saudara perempuan Pangeran Abdullah II bin al-Hussein dari Yordania, yang juga hadir di pesta tersebut. 

Di sanalah calon ratu pertama kali menatap pangerannya. Ketika mata mereka bertemu di seberang ruangan, itu adalah cinta pada pandangan pertama dan mereka menikah hanya lima bulan kemudian. 

Baca Juga: Retno Marsudi Didaulat jadi Utusan Khusus Pertama Sekjen PBB untuk Isu Urusan Air

Pada tanggal 10 Juni 1993, Rania dan Abdullah menikah, dan Rania menjadi seorang putri. Ketika ayah Abdullah, Raja Hussein, meninggal pada tahun 1999, Abdullah menggantikannya sebagai raja Yordania, dan mengangkat Rania dari putri menjadi ratu. 

Selain memiliki paras wajah yang cantik, Ratu Rania juga memiliki hati yang mulia. Dia memanfaatkan posisinya sebagai ratu untuk memperjuangkan berbagai tujuan, seperti hak-hak wanita dan anak-anak, akses ke pendidikan, masalah lingkungan, dan pengembangan komunitas Yordania yang kuat. 

Ratu Rania juga mendirikan berbagai badan amal dan sering tampil di acara-acara lokal maupun internasional. 

Sejak menikah, Raja Abdullah dan Ratu Rania telah  dikaruniai empat orang anak: Putra Mahkota Al Hussein, Putri Iman, Putri Salma, dan Pangeran Hashem.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait