DECEMBER 9, 2022
Kuliner

Bahan Dan Resep Membuat Makanan Rasmalai, Kuliner Khas India Yang Bentuknya Unik

image
Resep pembuatan makanan Rasmalai jadi kuliner asal India (Youtube/Sanjeev Kapoor Khazana)

LIFESTYLEABC.COM - Mungkin Anda masih jarang mendengar nama resep membuat makanan Rasmalai yang merupakan kuliner khas India yang mempunyai citarasa unik dan juga lezat.

Resep membuat makanan Rasmalai yang datang dari kuliner India ini merupakan makanan penutup dengan rasa manis dan lembut yang lezat disantap setelah makan siang.

Walaupun menjadi kuliner khas India, Anda bisa membuat resep makanan Rasmalai dengan prosesnya yang cukup mudah dan cepat sebagai hidangan pendamping di meja makan.

Rasa dari resep makanan Rasmalai ini akan semakin kuat citarasanya, jika disajikan masih dalam kondisi hangat setelah dimasak meskipun dalam kondisi dingin pun tidak masalah.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu dikumpulkan untuk membuat resep makanan Rasmalai yang merupakan kuliner khas India:

Bahan malai:

800 ml susu UHT full cream

2 sdm kental manis putih (sesuaikan selera)

3 sdm kacang almond cincang

2 sdm kacang pistachio cincang

1/2 sdt kapulaga hijau (haluskan)

Bahan channa:

1 liter susu full cream

1 sdm tepung maizena

30 ml air perasan lemon

30 ml air

Bahan sirup perebus:

800 ml air

200 g gula pasir

1/4 sdt vanili

Bahan taburan:

Saffron (optional)

Kacang almond/pistachio cincang

Setelah mengumpulkan bahan-bahannya, Anda bisa memulai proses pembuatan resep makanan Rasmalai yang menjadi kuliner khas India:

1. Pertama, kita buat dulu channanya. Didihkan susu, aduk sesekali lalu tuang campuran air lemon-air.

2. Aduk sambil tunggu hingga mendidih kembali. Aduk hingg susu pecah. Padatan susu yang pecah inilah yang akan jadi bahan channa. Sisa airnya akan dibuang.

3. Setelah cairan terlihat kehijauan, adonan siap diangkat dan disaring.

4. Siapkan kain bersih yang tipis, tuang lalu saring padatan susunya. Peras hingga tidak ada air bersisa.

5. Masukkan ke dalam wadah, campurkan dengan tepung maizena, lalu uleni hingga tercampur. Uleni selama sekitar 10 menit agar teksturnya halus dan lembut serta mudah dibentuk.

6. Ambil secukupnya, boleh juga ditimbang agar sama berat. bulatkan lalu pipihkan hingga semua adonan habis, tata di Loyang atau wadah datar.

7. Siapkan pula sirup perebus. Siapkan wajan, masukkan air, vanili dan gula, biarkan mendidih dan gula mencair. Matikan api agar tidak meletup-letup.

8. Masukkan channa ke dalamnya perlahan dan bertahap. 

9. Setelah semuanya terendam, nyalakan lagi api lalu rebus selama 20 menit. Tiriskan.

10. Didihkan lagi air gula, masukkan susu, kental manis dan kapulaga bubuk. Masak hingga hamper mendidih.

11. Masukkan channa ke dalam kuah malai, masukkan juga kacang cincang. Aduk rata, tes rasa, jika sudah pas, angkat dan diamkan hingga gula meresap ke dalam channa.

Dengan membuat resep makanan Rasmalai di rumah, Anda tidak perlu terbang jauh-jauh ke negeri anak benua untuk mencicipi kuliner khas India.***

Berita Terkait