DECEMBER 9, 2022
Kecantikan

Manfaat dan Resiko Menggunakan Cat Rambut yang harus Diketahui Wanita selain Mempercantik Diri

image
Manfaat dan resiko jika menggunakan cat rambut yang mengintai wanita (UNSPLASH/Adam Winger)

LIFESTYLEABC.COM - Menggunakan cat rambut menjadi cara bagi banyak wanita untuk tampil berbeda dengan gaya rambut dan bisa dilakukan di salon bahkan di rumah sendiri.

Namun selain bermanfaat untuk mempercantik diri, menggunakan cat rambut juga memiliki resiko yang mengintai dan harus diketahui oleh wanita sebelum berkunjung ke salon.

Salah satu resiko menggunakan cat rambut ini termasuk dalam penyakit yang bisa datang tanpa disadari pada wanita diakibatkan begitu seringnya berganti-gaya gaya dan warna rambut.

Baca Juga: Tips Kecantikan Untuk Memilih Sabun Mandi Guna Merawat Kulit Yang Kering

Tentunya tidak ada salahnya menggunakan cat rambut untuk mempercantik diri serta bertransformasi dengan gaya agar tidak bosan beraktivitas di luar ruangan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan cat rambut di salon:

1. Menutupi uban

Baca Juga: Tips Kecantikan Musnahkan Ketombe Pada Rambut Paling Ampuh Bisa Dilakukan Rutinitas Sehari-Hari

Cat rambut juga kerap dipakai untuk menutupi rambut putih atau uban, sehingga penampilan seseorang tetap rapih dan tampak awet muda. Warna yang biasa digunakan untuk menutupi uban adalah hitam dan cokelat tua.

2. Rambut lebih tebal

Rambut setiap orang tidak memiliki ketebalan yang sama. Beberapa orang memiliki helai rambut tebal, sedangkan ada yang memiliki helai rambut tipis. Tingkat perawatan menentukan ketebalan dan volume rambut.

Bagi orang dengan helai rambut tipis bisa juga melakukan cat rambut agar tampak lebih tebal. Kendati demikian, ketebalan rambut alami tetap lebih disukai dan sehat.

Baca Juga: Tips Kecantikan Paling Sederhana Untuk Merawat Kesehatan Kulit Diakibatkan Pikiran Stres

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Gaya seseorang dapat berbeda dan kepercayaan dirinya yang meningkat dengan warna rambut yang menarik. Ini menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan pewarnaan rambut benar-benar peduli terhadap penampilan dari gayanya.

Di samping adanya manfaat menggunakan cat rambut, terdapat beberapa resiko lain yang mengintai seperti halnya alergi kulit.

Semir rambut dapat menyebabkan rasa alergi pada kulit kepala atau di area sekitarnya yang disebabkan bahan kimia dalam pewarna rambut. Kemerahan, bengkak, gatal, bahkan sesak nafas adalah beberapa gejala ringan yang biasa timbul. Alergi ini disebut para-phenylenediamine (PPD)

Selain itu masih terdapat resiko lain yang mengintai ketika menggunakan cat rambut juga meningkatkan potensi terkena kanker dan kerusakan saraf.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa cat rambut dapat menimbulkan kanker bahkan penyakit saraf. Walaupun masih butuh penelitian lebih dalam, cat rambut bersifat karsinogenik atau risiko terjadi kanker. Hal ini kemungkinan dapat terjadinya leukemia, limfoma, kanker payudara, serta kanker kandung kemih. Hindari cat rambut berbahan kimia, seperti para-phenylenediamine (PPD), timbal asetat, dan coal tar.***

Sumber: Antara

Berita Terkait