DECEMBER 9, 2022
Selebriti

Hindia sebut Musisi Indonesia bisa Sentuh Pasar Global lewat Platform Streaming Spotify

image
Hindia sebut musisi Indonesia bisa manfaatkan platform Spotify untuk promosikan karya ke mancanegara (Antara)

LIFESTYLEABC.COM - Baskara putra yang dikenal dengan nama panggung Hindia sebut banyak musisi Indonesia yang bisa merambah panggung internasional dengan memanfaatkan platform spotify.

Hindia menyebut para musisi Indonesia bisa memanfaatkan Spotify untuk menjangkau pendengar secara global karena bisa diakses oleh siapapun tanpa terkendala jarak antar negara.

Dengan adanya Spotify, para pendengar di luar daerah negara Indonesia bisa mendengar karya-karya terbaru dari para musisi Indonesia termasuk lagu dari Hindia sendiri.

Baca Juga: Penjelasan Entitas Astral Dalam Series Nightmares and Daydreams Yang Disutradarai Joko Anwar

"Sebenarnya, kalau menurut saya dari sisi platformnya, seperti Spotify fasilitasnya udah ada semua, yang kita butuhin itu, platformnya udah provide," kata Hindia dalam Loud & Clear Press Briefing Spotify di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Spotify juga turut membantu pelaku musik Indonesia memperluas jejaring dengan mitra-mitra di luar negeri.

Kendati demikian, ia mengatakan, pemerintah juga diperlukan dukungannya dalam upaya mempromosikan karya-karya musisi dalam negeri ke mancanegara. 

"Karena di banyak wave musik yang lain, ada dukungan yang bagus, ekosistem yang bagus dari sektor publik," kata pelantun lagu "Secukupnya" itu.

Hindia mengatakan bahwa saat ini lagu-lagu berbahasa Indonesia, termasuk lagu-lagu ciptaannya, sudah punya basis penggemar di beberapa negara.

Bahkan, menurut dia, lagu-lagu berbahasa Indonesia telah membantu menumbuhkan minat warga negara lain untuk mempelajari kultur Indonesia.

"Karena sekarang agak hiperlokal, kayak kebalik gitu, justru kami ingin melihat kultur di balik sesuatu. Misalnya, di saat kita mendengarkan sebuah lagu, kami ingin mendengar konteks di balik lagu itu," kata Hindia.

"Kenapa lagu itu bisa terdengar seperti itu? Kenapa kalimatnya bisa kayak gini? Emang mereka hidup sehari-harinya kayak gimana?" ia menambahkan.

Hindia yakin selanjutnya musik Indonesia yang memiliki ciri khas bisa dikenal luas oleh para pendengar musik di luar negeri.

"Karena menurut saya pribadi musik kayak gitu lebih unik bagi pendengar luar dibandingkan dengar musik pop berbahasa Indonesia," katanya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait