DECEMBER 9, 2022
Internasional

Pengungsi Gaza Terdesak Setelah Terpaksa Pindah karena Perang Tiada Henti

image
Pengungsi Gaza tidak punya tempat tujuan karena perang (Antara)

LIFESTYLEABC.COM - Perang yang masih berkecamuk di Palestina, membuat para pengungsi Gaza harus kembali berpindah karena nyawa para wanita dan anak-anak masih terancam.

Menurut pernyataan UNRWA yang dikutip dari Antara, para pengungsi Gaza terpaksa berlindung di reruntuhan, gedung sekolah yang sudah runtuh sampai tumpukan sampah.

Bahkan UNRWA berkata jika sembilan dari sepuluh pengungsi Gaza terpaksa pindah tanpa tujuan pasti kemana harus berlindung dari perang yang tidak kunjung padam.

“Tak satu pun dari tempat-tempat ini aman. Orang-orang tidak punya lagi tempat tujuan,” demikian unggahan UNRWA di media sosial X, seraya menyerukan gencatan senjata segera.

Sementara itu, Komisaris Jenderal UNRWA, Philippe Lazzarini, mengatakan enam sampel polio tipe 2 telah ditemukan di sejumlah wilayah di Gaza. “Untungnya, belum ada temuan kasus lumpuh”.

“Ini adalah perkembangan serius lainnya dalam perjalanan penderitaan yang tidak pernah berakhir,” demikian UNRWA di X.

“Polio muncul akibat sistem kesehatan yang berantakan, kurangnya air bersih dan peralatan yang higienis, pengungsian yang penuh sesak serta sanitasi yang sangat buruk.“

Akibat perang, vaksinasi di kalangan anak-anak turun dari level semi-universal menjadi lebih dari 85 persen karena orang-orang terus berpindah, menyelamatkan diri dari zona perang dan mencari tempat yang aman, katanya.

“Penyakit tidak mengenal orang. Mereka tidak mengenal batas negara atau membutuhkan visa atau izin untuk bepergian,” katanya, menekankan bahwa penyebaran polio di Gaza dan sekitarnya dapat dikendalikan melalui kampanye vaksinasi untuk menjangkau semua anak di mana pun mereka berada.

“Gencatan senjata dan peningkatan alur vaksin dapat mencegah hal itu”, kata Lazzarini, yang juga menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.***

Sumber: Antara

Berita Terkait