DECEMBER 9, 2022
News

Beberapa Penyebab Uban Muncul Meskipun baru Berusia Muda, Jadi Pertanda Kesehatan Tubuh Memburuk

image
Penyebab uban muncul meskipun usia masih muda dan tanda kesehatan tubuh yang memburuk (UNSPLASH/Warren)

LIFESTYLEABC.COM - Umumnya uban hanya muncul bagi orang-orang yang sudah memasuki usia senja terlebih dengan gaya hidup tidak sehat dan memperburuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya pada seorang dengan usia tua, baik pria maupun wanita bisa mendapati uban tumbuh pada usia muda yang dapat disebabkan oleh beberapa alasan dengan kesehatan tubuh yang buruk.

Dari gaya hidup yang buruk dan kesehatan tubuh yang tidak sehat ini bisa menjadi penyebab utama dari tumbuhnya uban meskipun masih di usia yang sangat muda.

Baca Juga: Manfaat dan Resiko Menggunakan Cat Rambut yang harus Diketahui Wanita selain Mempercantik Diri

Meskipun bukan menjadi fokus utama, uban bisa menjadi peringatan bagi Anda untuk lebih fokus memperhatikan kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan sampai gaya hidup.

Berikut ini adalah beberapa penyebab uban bisa muncul di usia muda yang disebabkan kesehatan tubuh memburuk:

1. Merokok

Baca Juga: Dokter Spesialis Dermatologi Jelaskan Ciri-Ciri Kesehatan Rambut Menua tidak hanya Uban

Selain berpotensi besar menyebabkan kanker paru-paru, merokok juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa uban bisa timbul di usia yang masih muda.

Salah satu alasan kenapa merokok bisa menyebabkan munculnya uban di usia muda disebabkan zat kimianya dapat menghambat aliran darah pada folikel rambut.

2. Kurang vitamin B12

Baca Juga: Penjelasan Alasan Anda Tidak Dianjurkan Mencabut Uban untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Salah satu manfaat dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B12 dapat menjaga kesehatan kulit sampai rambut jika dikonsumsi secara rutin.

Di samping itu kurangnya asupan vitamin B12 juga dapat menghambat produksi sel darah merah sehingga kurang bisa memompa oksigen ke seluruh organ tubuh termasuk ke rambut.

Faktor inilah yang menjadi penyebab munculnya uban sekaligus menjadi tanda buruknya kesehatan tubuh karena kurangnya asupan vitamin B12.

3. Stres

Meskipun tidak berdampak secara siginifikan, stres bisa menjadi faktor lain dari timbulnya uban sekaligus juga menjadi tanda turunnya kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

Dengan stres ini dapat menghambat pertumbuhan sel yang memberi warna pada rambut dan mempercepat timbulnya uban meskipun usia masih terhitung muda.

Melihat faktor di atas, ada baiknya untuk mengelola dari gaya hidup, pola makan serta beban pikiran agar rambut tetap lebat dan hitam.***

Berita Terkait