DECEMBER 9, 2022
LifestyleABC.com

Penyebab Kulit Kepala Tercium Bau Tidak Sedap, Perhatikan Masalah Kesehatan Rambut di Bawah ini

image
Penyebab kulit kepala tercium bau tidak sedap dan tanda kesehatan rambut yang buruk (UNSPLASH/Averie Woodard)

LIFESTYLEABC.COM - Ketika beraktivitas di luar ruangan pastinya ingin tampil tanpa timbulnya bau tidak sedap dari kulit kepala dan memastikan kesehatan rambut terjaga dengan baik.

Namun terdapat beberapa penyebab dan alasan kulit kepala bisa timbul bau terasa tidak sedap dan perlu memperhatikan tentang kesehatan rambut Anda lebih baik lagi.

Bahkan bau tidak sedap pada kulit kepala ini seringkali disebabkan oleh beberapa jenis penyakit yang membuat kesehatan rambut memburuk dan perlu mendapat pengobatan khusus.

Baca Juga: Dokter Spesialis Dermatologi Bagikan Tips Menjaga Kesehatan Rambut Sesuai Aturan

Bau tidak sedap yang timbul pada kulit kepala ini bisa dirasakan dengan adanya beberapa gejala yang terdapat pada kepala dan menjadi tanda kesehatan rambut yang menurun.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kulit kepala tercium bau tidak sedap dan menjadi tanda kesehatan rambut yang memburuk:

1. Ketombe

Baca Juga: Penjelasan Alasan Anda Tidak Dianjurkan Mencabut Uban untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Sudah jadi pengetahuan umum jika ketombe menjadi salah satu penyebab kulit kepala terasa gatal dan tercium bau tidak sedap serta menjadi salah satu tanda kesehatan rambut yang buruk.

Seringkali bau kulit kepala yang tidak sedap ini bisa disebabkan oleh ketombe yang bisa bertambah buruk jika sedang dilanda stres dan semakin menjadi saat musim kemarau tiba.

2. Psoriasis kulit kepala

Baca Juga: Beberapa Penyebab Uban Muncul Meskipun baru Berusia Muda, Jadi Pertanda Kesehatan Tubuh Memburuk

Menjadi salah satu penyakit autoimun, psoriasis kulit kepala bisa menjadi penyebab bau tidak sedap muncul dengan gejala-gejala tertentu.

Beberapa gejala paling umum yang bisa terlihat pada kulit kepala adalah bercak merah di kulit kepala terkadang hingga meradang atau serpihan kulit bersisik warna putih seperti ketombe.

Di samping itu, Psoriasis kulit kepala juga bisa terasa dengan sensasi di kulit seperti terbakar dan memperburuk kesehatan rambut.

3. Bakteri dan jamur

Bakteri dan jamur yang bisa timbul di kulit kepala juga bisa menjadi penyebab lain munculnya bau tidak sedap yang tercium dan menyebabkan ketidakseimbangan mikrobioma.

Jika jumlah bakteri dan jamur ini terlalu banyak pada kulit kepala dapat menjadi penyebab rambut tercium tidak sedap meskipun sudah dicuci beberapa kali.

Adapula beberapa penyebab lain kulit kepala tercium bau tidak sedap bisa disebabkan polusi ketika bepergian hingga pola makan yang tidak teratur.***

Berita Terkait