DECEMBER 9, 2022
LifestyleABC.com

Shakira Amirah Ungkap Pola Asuh Orang Tuanya Hingga jadi Juara Clash of Champions

image
Shakira Amirah juara Clash of Champions bagikan pola asuh orang tua kepada Teuku Wisnu (Youtube/The Sungkar

LIFESTYLEABC.COM - Shakira Amirah, mahasiswi fakultas kedokteran di Universitas Indonesia menjadi pemenang dan menempat juara 1 Clash of Champions yang diselenggarakan Ruang Guru.

Mengambil jurusan kedokteran, Shakira Amirah yang jadi juara Clash of Champions mempunyai orang tua yang juga berprofesi sebagai seorang dokter dan membuatnya tertarik menjadi dokter.

Berkat didikan kedua orang tuanya, Shakira Amirah berhasil meraih juara Clash of Champions hingga berhasil menjadi Mahasiswi Berprestasi Utama Universitas Indonesia tahun 2023.

Baca Juga: Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Ceritakan Awal Mula Pertemuan Kepada Denny Sumargo

Kepada Teuku Wisnu dalam channel Youtube The Sungkar, Shakira Amirah membagikan pola asuh yang diterapkan kedua orang tuanya hingga berhasil mendapat prestasi membanggakan.

Prestasi-prestasi yang dimiliki oleh Shakira Amirah tidak luput dari doa orang tuanya serta kegigihan dia dalam belajar. Mamanya Shakira Amirah tidak melanjutkan kuliah spesialis dokter karena ingin merawat Shakira Amirah dan adiknya pada saat itu.

Orang tua Shakira Amirah adalah tipe orang yang berdiskusi dahulu jika ingin memutuskan pendapat atau sesuatu. Setiap hari yang mengantar-jemput Shakira Amirah selama sekolah dari sekolah dasar adalah mamanya sendiri. Dan guru pertama bagi Shakira Amirah adalah mamanya sendiri.

Baca Juga: Wendy Walters Curhat ke Denny Sumargo Ketika Depresi Harus Minum Obat Penenang Sampai Hampir Bunuh Diri

Karena setiap abis jemput Shakira Amirah dari sekolah, di perjalanan pulang, mamanya sudah menyiapkan materi pelajaran yang akan di bahas dengan Shakira Amirah dan begitu pun juga dengan adiknya pada saat itu. Jadi seperti jadwal les gitu.

Jadi setiap harinya, mamanya Shakira Amirah selalu nyari bahan ajar untuk Shakira Amirah dan adiknya. Dan setiap harinya selalu beda-beda pelajaran.

Dari cara didik mamanya saja kita sudah tau ya, selain dari gen keturunan orang tuanya, dan di bantu dari support mamanya sendiri yang menjadi guru pertama untuk Shakira Amirah.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Menikah Lagi, Masa Lalu bersama Vanessa Angel Ikut Disorot

Menurut Shakira Amirah rajin itu sebuah anugrah yang di kasih oleh Allah swt. karena dari situlah pintar muncul.

Shakira Amirah sangat bersyukur dan berterimakasih kepada kedua orang tuanya, karena berkat mereka, Shakira Amirah saat ini tidak terlalu sulit dalam hal pendidikan.

“Papaku selalu cerita, kaya dulu abah dari kampung loh, abah belajar keras dulu, cara abah belajar begini,” cerita Shakira Amirah.

Shakira Amirah juga mengungkapkan kalau abahnya tipe orang yang senangnya ngomongin usaha, sedangkan mamanya kebalikan dari abahnya. sepertinya, abah urusan dunia dan mamanya urusan akhirat.

Shakira Amirah mengungkapkan kalau masa remaja kan ambisnya lagi gede-gedenya, nah sikap dari kedua orang tuanya, mereka punya perannya masing-masing. 

“Aku pengin exchange gitu milih negara gitu, aku ijin ke mama dan papa, lalu mereka berdua diskusi abis itu baru ngobrol lagi sama aku. Jadi mereka tetap dengerin pendapat aku, tapi setelahnya aku pun di kasih tau keuntungan dan ruginya gitu kak,” ungkap Shakira Amirah pada Teuku Wisnu.

Dan menurut Shakira Amirah firasat orang tua, terutama ibu tuh kuat banget. Misal kita lagi sedih, lagi ada masalah, biasanya kan kita engga mau cerita ke orang tua karena takut mereka kepikiran. Tapi mamanya Shakira Amirah pasti tau, apa yang sedang lagi di sembunyiin dari anaknya.

Selain Clash of Champions, Shakira Amirah juga memiliki beberapa prestasi lain seperti bisa dilihat di bawah ini:

1.juara 1 dalam Asian Medical Students Conference (AMSC) tahun 2022 di Seoul, Korea Selatan.

2. Best Participants dalam Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) tahun 2020.

3. Menjadi pembicara Tedx UNDIP 3.0.

4. Medali perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Informatika saat SMA.

5. Memiliki 13 publikasi ilmiah yang terindeks Scopus.

6. Juara 3 Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Indonesia 2023.

Pola didik orang tua Shakira Amirah sangat bagus dan harus di contoh sama para orang tua yang lain, apalagi dijaman seperti saat ini.

jika dari sang anak mempunyai pendapat, sebaiknya orang tua mendengarkannya dahulu, dan setelah baru di diskusikan kembali dengan sang anak baiknya seperti apa. 

Dan untuk para generasi Z juga bisa mencontoh dari Shakira Amirah, di ikuti yang baik-baiknya, dari adab terhadap orang tua itu termasuk restu untuk kita kedepannya juga.***

Nama penulis:Siska Dinnuriza Ayani

Sumber: Youtube The Sungkar

Berita Terkait