DECEMBER 9, 2022
News

Tips Menabung tanpa Korbankan Keinginan Self Reward, Tetap bisa Shopping

image
Cara menabung sambil tetap memenuhi self reward (sisternet.co.id)

LIFESTYLEABC.COM - Namun, proses menabung seringkali bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, karena umumnya terbiasa lebih dulu untuk mendahulukan keinginan untuk memenuhi nafsu self reward.

Keinginan untuk  menabung sering terhalang setiap mendapat gaji bulanan ingin lebih dulu ingin memenuhi self reward dengan berbelanja mengapresiasi hasil kerja keras dengan berbelanja.

Tetapi sebenarnya menabung tetap bisa dilakukan dengan sembari memenuhi keinginan self reward baik berbelanja atau makan bersama keluarga di resto yang jarang Anda kunjungi.

Baca Juga: Tips Traveling dan Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Liburan ke Vietnam

Untuk memulai menabung dan memenuhi keinginan self reward ini, Anda bisa menerapkan tips di bawah ini untuk tetap bisa menyisihkan pendapatan finansial untuk masa depan tapi tetap memenuhi self reward di saat yang sama:

1 .Latihan Menahan Diri

Waspadai pengeluaran berlebihan yang dipicu oleh self reward. Tetapkan batasan agar tidak tergoda untuk membeli impulsif. Pastikan penghargaan diri selaras dengan kepraktisan dan kegunaan  Pertimbangkan apakah pembelian tersebut benar-benar memberikan manfaat atau hanya karena tekanan FOMO. Ingatlah bahwa kebahagiaan sejati tidak selalu tergantung pada barang-barang materi.

Baca Juga: Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Sesuai dengan Budget dan punya Kuliatas Tinggi

2 . Alokasikan Anggaran Khusus untuk Self Reward

Pisahkan dana untuk self reward dari pengeluaran lainnya dengan begitu dana untuk menabung tetap aman. Prioritaskan pemenuhan kebutuhan dasar sebelum memanjakan diri  atau bisa Gunakan rumus tabungan 50/20/30

Cara kerjanya cukup sederhana. Dari seluruh penghasilan yang kamu terima, bagilah menjadi 3 bagian besar, yaitu 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari dan tagihan wajib, 30 persen untuk self reward, dan 20 persen untuk tabungan atau investasi.

Baca Juga: Tips Merawat Kesehatan Kulit Termudah yang bisa Diterapkan Wanita

3. Bersikap Realistis

Jangan terlalu membandingkan diri dengan orang lain di media sosial. Setiap orang memiliki situasi keuangan yang berbeda. Fokus pada tujuan finansial Anda sendiri, Kurangi jajan ,nongkrong dan jalan-jalan. Biasanya kamu bisa nongkrong dua kali dalam seminggu , beli makanan dan minuman di café , bisa di kurangi jadi seminggu sekali, Jangan memanjakan diri hanya demi penampilan atau citra di media sosial. Hindari menghabiskan uang untuk liburan mewah hanya untuk kesan eksternal. Fokuslah pada kebahagiaan sejati.

Penting untuk menghargai diri sendiri, tetapi juga bijaksana dalam mengelola keuangan. Self reward yang seimbang akan membantu kita merawat diri, memelihara kesejahteraan mental, dan menumbuhkan sikap positif. Ingatlah bahwa menabung adalah investasi untuk masa depan kita.

Sumber: investopedia.com

Berita Terkait