DECEMBER 9, 2022
News

Tips Mencari Kost dengan Iuran Murah dan Terjangkau untuk Disewa Mahasiswa Rantau

image
Tips mencari tempat kost bagi mahasiswa rantau luar kota (UNSPLASH/Scott Webb)

LIFESTYLEABC.COM - Setelah diterima di universitas impian, tantangan muncul bagi mahasiswa rantau ketika lokasi universitas mengharuskan Anda untuk merantau dan mencari kost sebagai tempat tinggal sementara

Kost di sekitar kampus umumnya menjadi pilihan utama bagi setiap mahasiswa dengan harapan bisa mendapatkan harga iuran yang murah dan terjangkau untuk dibayarkan.

Bagi mahasiswa baru yang memiliki budget cukup, mencari kost mungkin tidak terlalu sulit, karena hanya perlu melihat fasilitas kost yang dibutuhkan dan tidak perlu terlalu mewah.

Baca Juga: Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Sesuai dengan Budget dan punya Kuliatas Tinggi

Tetapi berbeda dengan mahasiswa dengan ekonomi menengah ke bawah, mencari kost akan menjadi tantangan tersendiri, karena sebagai mahasiswa baru yang akan merantau untuk melanjutkan studi di luar kota.

Menemukan kost yang sesuai dengan budget seringkali menjadi prioritas utama. Menemukan kost low budget dengan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman memang sering terasa sulit karena harus memperhatikan banyak faktor.

 Apalagi ketika kita belum familiar dengan lingkungan sekitar kampus dan kota tersebut, bisa jadi kita akan bingung mencari kost yang low budget karena tidak tahu harus memulai dari mana.

Baca Juga: Tips Merawat Kesehatan Kulit Termudah yang bisa Diterapkan Wanita

Selain itu, penting bagi mahasiswa baru untuk mempertimbangkan seluruh biaya yang akan dikeluarkan. Tidak hanya biaya sewa kamar, tetapi juga biaya listrik, internet, transportasi, serta biaya yang tidak terduga.

1. Ketahui fasilitas kost yang utama

Tips mencari kost murah bagi mahasiswa baru yang pertama adalah ketahui fasilitas. Sebelumnya, pikirkan dulu hal-hal penting yang kamu butuhkan di tempat kost.

Baca Juga: Tips Menabung tanpa Korbankan Keinginan Self Reward, Tetap bisa Shopping

Misalnya, kamu mencari kost yang campur atau yang dikhususkan untuk perempuan atau laki-laki. Selanjutnya, fasilitas yang memang sudah di berikan dari pemiliknya seperti kasur, lemari, wifi, atau dapur bersama jika kamu hobi masak. Atau kamu ingin mencari yang kosongan.

2. Ukur jarak tempuh kost ke kampus

Selanjutnya adalah jarak tempuh! Hal yang perlu diperhatian bagi mahasiswa baru yang paling utama mencari kost low budget adalah jauh-dekatnya dengan kampus. Jika jaraknya tidak bisa ditempuh dengan berjalan kaki, maka biaya transportasinya harus ikut di hitung, apakah sesuai dengan budget yang kamu punya atau tidak. 

Tapi jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya transportasi dan lebih memilih berjalan kaki, maka cari kost murah yang sedekat mungkin dengan kampus.

3.Cek langsung keadaan lingkungan sekitar kost

Untuk mahasiswa baru, sebisa mungkin cek lingkungan kost yang ingin kamu tempati secara langsung.

Setelah kamu mencarinya di internet, luangkan waktu untuk survei langsung ke tempatnya, jangan meminta bantuan orang lain untuk melakukan. Karena untuk berjaga-jaga, Jangan sampai kamu berada di lingkungan yang salah atau malah tertipu.

Menjadi mahasiswa baru yang merantau memang penuh tantangan, namun jika dengan mengikuti tips mencari kost yang low badget bagi mahasiswa baru, kamu bisa lebih mudah menemukan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mahasiswa. Selalu memprioritaskan fasilitas utama yang dibutuhkan.*

Sumber: sekampus.com

Berita Terkait