DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Tips Hidup Hemat yang bisa Diterapkan ala Mahasiswa

image
Panduan hidup hemat yang bisa diterapkan mahasiswa (UNSPLASH/Yuri Krupenin)

LIFESTYLEABC.COM - Menjadi seorang mahasiswa, harus menerapkan hidup hemat agar uang saku cukup hingga akhir bulan. Jangan sampai pada saat tanggal tua, lagi-lagi kamu berhadapan dengan makanan yang tidak sehat karena uang belanja yang sudah menipis. 

Hidup hemat di masa kuliah bukan berarti setiap mahasiswa hidup dengan sebungkus mi instan dalam sehari-hari. Kebiasaan berhemat juga bisa membantu kita untuk belajar memprioritaskan yang penting dan yang tidak penting. 

Bagi seorang mahasiswa, menerapkan hidup hemat bisa dalam rangka belajar dalam menyusun anggaran bulanan dan memberikan kita kesempatan untuk memecahkan masalah, berinovasi, dan mempelajari keterampilan baru. 

Baca Juga: Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Sesuai dengan Budget dan punya Kuliatas Tinggi

Berikut ini cara berhemat ala mahasiswa yang dapat kalian ikuti:

1. Utamakan Kebutuhan Dari Pada Keinginan

Jangan terlalu boros ketika mendapat kiriman uang saku dari orang tua. Utamakan kebutuhan dari pada keinginan. Apalagi untuk anak muda, jangan terlalu mengikuti gaya hidup. 

Baca Juga: Tips Mencari Kost dengan Iuran Murah dan Terjangkau untuk Disewa Mahasiswa Rantau

2. Membuat Jadwal Menu Makanan

Jika kalian tinggal di kost yang memiliki dapur umum, bisa masak sendiri agar lebih hemat. Tentukan budget mingguan dan buatlah menu makanan untuk setiap harinya. Cara ini bermanfaat agar kita tidak terlalu boros karena sering jajan di luar. 

3. Cari Kos Dengan Fasilitas WiFi

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance Terbaik untuk Mahasiswa yang Ingin Mengasah Soft Skills

Sebagai mahasiswa pasti sering dihadapkan dengan tugas yang menumpuk dan membutuhkan koneksi internet. Supaya tidak selalu memakai kuota dan membuat kamu semakin boros sebaiknya cari kos dengan fasilitas Wifi. Karena dengan adanya wifi di kost kamu akan lebih hemat dibandingkan membeli kuota.  

4. Manfaatkan Fasilitas Kampus

Memanfaatkan fasilitas kampus bisa membuat kita berhemat juga, contohnya seperti meminjam buku dari perpustakaan atau sebagai tempat untuk mengerjakan tugas. 

5. Beli Kualitas, Bukan Kuantitas

Barang berkualitas mungkin sedikit lebih mahal untuk dibeli, tetapi barang tersebut bisa bertahan lebih lama. Dengan begitu, kamu benar-benar dapat menghemat uang dalam jangka panjang dan tidak perlu terus-menerus menggantinya. 

Hidup hemat dengan bijaksana memang menjadi suatu tantangan. Apalagi di tengah anggapan bahwa berhemat sama dengan menyengsarakan diri. Tetapi dengan menerapkan deretan tips di atas, kita bisa berhemat secara terukur dan realistis. Bukan sekadar mengikuti tuntutan dan keterpaksaan.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait