DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Mengenal Inovasi Teknologi Terbaru untuk para Atlet Paralimpiade 2024

image
Inovasi teknologi untuk para atlet pada Paralimpiade 2024 (UNSPLASH/Arisa Chattasa)

LIFESTYLEABC.COM - Paralimpiade 2024 bukan hanya tempat para atlet dari seluruh dunia bersaing untuk meraih prestasi, tetapi juga panggung dimana inovasi teknologi terkini dipamerkan.

Paris, kota yang terkenal dengan kemajuan teknologi, menjadi tuan rumah Paralimpiade 2024 yang disebut menampilkan inovasi futuristik dalam sejarah. 

Penyelenggara Paralimpiade 2024 berjanji akan menghadirkan pengalaman inovatif bagi para atlet dan penonton di seluruh dunia dengan menggunakan teknologi terkini.

Baca Juga: Profil Gregoria Mariska Tunjung, Satu-Satunya Harapan Indonesia pada Olimpiade Cabang Badminton

Dengan bantuan teknologi ini juga menjadi bagian dari alat bantu bagi para atlet yang tampil bertanding pada Paralimpiade 2024 pada berbagai cabang olahraga.

Berikut ini beberapa teknologi dan inovasi untuk mendukung para atlet dan meningkatkan pengalaman penonton: 

1. Artificial Intelligence (AI) untuk peningkatan performa atlet.

Baca Juga: Saptoyogo Purnomo Rebut Medali Perak Paralimpiade Paris 2024 Cabang Atletik

AI akan memainkan peran penting dalam persiapan dan kinerja atlet. Sistem berbasis AI menganalisis data latihan, pola pergerakan, dan kondisi fisik seorang atlet serta memberikan saran dan rekomendasi. Kedua hal ini membantu atlet mengoptimalkan performanya dan memungkinkan para atlet bersaing dengan maksimal. 

2. Virtual Reality (VR) untuk pengalaman penonton yang lebih berkesan.

Bagi para penggemar olahraga, teknologi ini pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Dengan memanfaatkan teknologi VR, penonton dapat merasakan seolah-olah sedang berada di tempat tersebut. 

Baca Juga: Perjalanan Sejarah Olahraga Tenis Kursi Roda hingga jadi Cabor Paralimpiade 2024

3.Aksesibilitas yang Ditingkatkan.

Paris berkomitmen untuk memastikan bahwa semua fasilitas dapat diakses oleh penyandang disabilitas. Ini termasuk perbaikan infrastruktur, ramp dan lift yang memadai. 

4. Badminton

Inovasi dalam desain raket dan shuttlecock yang lebih ringan memungkinkan permainan yang lebih cepat dan strategi yang lebih kompleks. 

5. Atletik Lari

Atletik lari di Paralimpiade Paris 2024 akan menggunakan prostetik canggih yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi. Para atlet berkompetisi di berbagai jarak, mulai dari sprint hingga maraton, dan mencatat waktu yang semakin menakjubkan. 

Acara ini memanfaatkan teknologi terbaru dan program edukasi untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan, menunjukkan bagaimana olahraga Paralimpiade dapat melampaui batas dan menginspirasi dunia. 

Atlet paralimpiade menunjukkan kepada kita  bahwa dengan dedikasi dan teknologi yang tepat, segala sesuatu mungkin terjadi. Paralimpiade Paris 2024 adalah contoh nyata dari semangat dan inovasi yang merayakan keberagaman dan kesuksesan olahraga.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait