DECEMBER 9, 2022
News

Manfaat Obat Herbal Dalam Perawatan Penyakit Kanker Secara Alami

image
Obat herbal mendukung imunitas secara alami dan membantu melawan sel kanker (Pexels.com/MYKOLA OSMACHKO)

LIFESTYLEABC.COM - Kanker adalah kondisi medis berupa tumbuhnya sel abnormal dan ganas dalam tubuh kita. Pertumbuhan sel kanker bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, mulai dari kulit, mata, paru-paru, sampai organ intim. Jenis kanker yang paling umum terjadi yaitu kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Kanker sering kali digunakan untuk menyebutkan sel tumor. Padahal, tumor dan kanker  dua kondisi yang berbeda dari segi keganasannya masing-masing.

Kanker adalah penyakit yang perlu diwaspadai, karena dapat berujung pada macam-macam penyakit komplikasi hingga kemungkinan terburuknya bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga: Menu Buah-Buahan yang bisa Dikonsumsi selama Diet Sehat untuk dapat Berat Badan Ideal

Ketua Umum PDPOTJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia) Dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) mengungkapkan bahan herbal seperti madu hutan, temu putih, meniran, dan temu lawak dapat mendukung sistem kekebalan tubuh secara umum dan melawan risiko kanker.

Ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk melawan kanker, seperti dengan operasi, radiasi, antibody monoclonal, dan kemoterapi.

Tetapi banyak juga yang memilih pengobatan alternatif seperti menggunakan obat-obatan herbal.

Baca Juga: Cukup Dengan Memakan Buah-Buahan Dapat Mencegah Depresi Ketika Masa Usia Senja

Berikut 5 macam obat herbal yang bisa digunakan untuk melawan penyakit kanker:

1. Daun Sirsak

Daun Sirsak memang sudang banyak dimanfaatkan sebagai obat kanker, karena memiliki senyawa aktif yang dapat menekan sel kanker jauh lebih baik dibandingkan dengan obat kanker yang standar digunakan. Ekstrak dari daun sirsak dapat menghambat proliferasi sel kanker payudara.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dalam Buah Semangka yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

2. Kunyit

Tanaman kunyit mengandung senyawa kimia kurkumin yang bermanfaat sebagai suplemen herbal. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker yang kuat yang bisa membantu mencegah penyebaran sel kanker dan meningkatkan efektivitas terapi konvensional.

3. Bawang Putih

Selain sebagai penyedap rasa, bawang putih juga berpotensi sebagai obat herbal kanker payudara. Kandungan senyawa ajoene dalam bawang putih dapat memperlambat produksi sel-sel kanker. Selain itu bawang putih memiliki sifat antikanker yang berasal dari tingginya kadar sulfida organik dan polisulfida di dalamnya.

4. Teh hijau

Senyawa polifenol yang ada di teh hijau berperan sebagai zat antikanker karena efektif melawan tumor dan mutasi genetik. Teh hijau dapat melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko kanker. Beberapa peneliti mengatakan bahwa teh tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Ginseng

Tanaman ginseng juga bermanfaat sebagai pengobatan tradisional dalam mengobati penyakit kanker. Ginseng sudah terbukti ilmiah memiliki efek positif terhadap sel kanker, dapat menghambat penyebaran atau metastasis sel kanker. 

Terlepas dari beberapa obat herbal yang sudah di sebutkan, mungkin memiliki resiko atau efek samping. Sebaiknya, kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli kesehatan.

Obat herbal ini tidak menggantikan terapi medis, hanya dapat digunakan sebagai pendukung dalam menjaga kesehatan tubuh selama pengobatan kanker.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Sumber: Siloam Hospital

Berita Terkait