DECEMBER 9, 2022
Teknologi

Profil Guglielmo Marconi, Insinyur Listrik dan Penemu Radio Pertama di Dunia

image
Profil Guglielmo Marconi sang penemu radio pertama (London One Radio)

LIFESTYLEABC.COM - Nama insinyur listrik Guglielmo Marconi adalah figur penting di balik terciptanya radio yang menjadi sarana bagi masyarakat untuk mudah mendapatkan informasi

Dari penemuan Guglielmo Marconi membuat penemuan radio menjadi teknologi yang digunakan untuk mengirimkan sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik.

Berkat penemuan Guglielmo Marconi menemukan jika gelombang ini melintas dan merambat lewat udara, atau merambat melalui ruang angkasa yang hampa udara, sebab gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut.

Guglielmo Marconi lahir pada tanggal 25 April 1874 di Bologna, Italia. Dia berperan besar dalam perkembangan dunia penyiaran, terutama di radio.

Guglielmo Marconi adalah seorang insinyur yang berkebangsaan Italia. Dia di kenal dan sukses dalam mengembangkan telegrafi (pengiriman pesan yang memakai huruf atau angka) tanpa kabel, yang di sebut dengan radio.

Ketika berusia 20 tahun, Marconi tertarik dengan percobaan dari Heinrich Hertz, sang penemu gelombang Hertz. Pada penemuannya tersebut, Hertz mendemonstrasikan gelombang elektromagnetik tak kasat mata, dan bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

Karena Marconi memiliki rasa ingin tahu lebih banyak pada bidang sains dan listrik. Pada tahun 1894, dia melanjutkan kuliah di Institut Teknik Livorno dan Universitas Bologna. Pada masa kuliahnya, Marconi mulai melakukan eksperimen dengan radio gelombang.

Alat temuannya tersebut dinamakan Radio, kemudian Marconi mendemonstasikannya ke Inggris pada tahun 1896. Di sana Marconi mendapat respon yang baik dari beberapa pihak, salah satunya Kantor Pos Inggris.

Radio buatan Marconi berperan dalam menyelamatkan penumpang kapal Titanic pada tahun 1912 karena kapal tersebut menabrak gunung es. Kru kapal dapat menghubungi kapal lain berkat pemancar radio buatan Marconi.

Di balik semua itu, radio Marconi sudah banyak menyelamatkan nyawa raturan orang, terutama dalam perusahaan pelayaran. Dan berkat radio Marconi, sampai saat ini sudah banyak memberikan manfaat bagi umat manusia.

Awal dari kegunaan radio pada saat itu untuk mengirim pesan ke armada laut dalam bentuk kapal telegraf dengan kode morse dari laut ke darat.

Sedangkan kegunaan dari gelombang radio untuk keperluan militer, pada pasukan Jepang dan Rusia selama masa pertempuran Tsushima tahun 1904-1905.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait