DECEMBER 9, 2022
LifestyleABC.com

Makna dan Arti Logo PMI, Berfungsi sebagai Identitas Selama Perang

image
Makna logo PMI yang menjadi organisasi kemanusiaan Indonesia (Instagram/palangmerah_indonesia)

LIFESTYLEABC.COM - Logo adalah simbol dari suatu organisasi atau perorangan yang mencerminkan makna atau pesan yang ingin disampaikan dari kelompok atau organisasi tersebut. Dan hal inilah yang ingin disampaikan oleh PMI. 

Palang Merah Indonesia atau PMI memiliki logo yang sangat khas. Hanya dalam sekali lihat, setiap orang pasti bisa mengenali logo PMI. Tetapi tidak semua mengetahui arti dari logo dan makna yang terkandung dalam warnanya. 

Sama seperti logo dari organisasi lain yang menyimpan visi, misi dan filosofi yang dipegang teguh oleh kelompok tersebut. Nilai-nilai tersebut dituangkan dalam simbol berupa bentuk dan warna. Seperti pada logo PMI, bentuk dan warnanya memiliki arti khusus. 

Baca Juga: Sejarah Bergabungnya Indonesia dengan Turnamen Paralimpiade

Arti atau makna logo PMI dari sisi warna terdiri dari dua bagian yaitu warna merah dan warna putih. Warna merah menyampaikan keberanian, kegembiraan, kegairahan, serta kekuatan. Sedangkan warna putih mengandung arti kesucian, keterbukaan, kemurnian, kebebasan, dan keikhlasan. 

Sementara itu, jika dilihat dari bentuknya, logo PMI juga terbagi menjadi dua bagian yaitu bentuk palang merah dan sekuntum bunga melati. Simbol Palang Merah mempunyai bentuk positif dengan warna merah adalah logo gerakan Palang Merah dunia. 

Sedangkan bentuk sekuntum bunga melati berwarna putih dengan lima lengkung kelopak bergaris tepi merah pada logo PMI juga memiliki arti yang sangat mendalam. Bunga melati menjadi representasi identitas Indonesia, sementara lima kelopak melambangkan Pancasila sebagai dasar dan filosofi negara.

Baca Juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Dirayakan di Indonesia

Pada saat perang dulu, lambang sebagai tanda pengenal, berfungsi untuk menandakan bahwa penggunaannya adalah pihak yang terkait dengan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. 

Fungsi lambang menurut Konvensi Jenewa sebagai Tanda Pembeda, untuk PMI sendiri logo berwarna merah ini mempunyai fungsi dan tujuan untuk para anggotanya tidak diserang oleh pihak yang berperang.dan hanya boleh dipakai dalam situasi perang.

Di samping itu logo dari PMI ini juga berfungsi sebagai tanda pengenal yang bisa digunakan Dinas Kesehatan Angkatan Perang & anggota Gerakan disetiap waktu, harus seizin Perhimpunan Nasional apabila organisasi lain perlu memakainya.***

Baca Juga: Sejarah Berdirinya PMI, Organisasi Kemanusiaan Terbesar di Indonesia

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait