DECEMBER 9, 2022
Selebriti

Disney Digugat atas Penggunaan Kemiripan Peter Cushing dalam Rogue One A Star Wars Story Dengan Teknologi CGI

image
Disney hadapi gugatan tentang penampilan Peter Crushing dalam film Rogue One A Star Wars Story (TechSpot)

LIFESTYLEABC.COM - Disney saat ini menghadapi gugatan terkait penggunaan kemiripan Peter Cushing dalam sinopsis film Rogue One A Star Wars Story. 

Kevin Francis, seorang teman dekat Peter Cushing, mengklaim bahwa memiliki kesepakatan sejak tahun 1993 yang mengharuskan otorisasi dari Francis untuk setiap reproduksi penampilannya dan harus diikuti Disney.

Gugatan hukum ini telah berlangsung sejak 2019, dengan upaya Disney untuk membatalkan kasus Peter Crushing ini ditolak, dan sekarang akan dibawa ke pengadilan.

Baca Juga: Sinopsis Film Megapolis, Usaha Adam Driver Bangkitkan Kejayaan New Rome di Masa Depan Planet Bumi

Gugatan ini diajukan oleh Tyburn Film Productions, perusahaan film yang didirikan oleh Francis. Mereka menuduh Lucasfilm dan Lunak Heavy Industries, produser dari trilogi Star Wars asli, mendapatkan "keuntungan tidak adil" dari penggunaan kemiripan Cushing tanpa izin yang tepat.

Disney berargumen bahwa mereka tidak memerlukan izin karena mereka memiliki hak untuk menggunakan gambar Cushing dari film asli Star Wars.

Perkembangan terbaru dari gugatan hukum ini menunjukkan bahwa kasus ini akan dibawa ke pengadilan. Gugatan ini diajukan oleh Tyburn Film Productions, perusahaan yang didirikan oleh Kevin Francis, teman dekat Peter Cushing.

Baca Juga: Rumor Franchise Marvel Cinematic Universe Kabarnya akan Menggaet Daniel Cretton Sebagai Sutradara Film Spiderman 4

Mereka menuduh Lucasfilm dan Lunak Heavy Industries mendapatkan "keuntungan tidak adil" dari penggunaan kemiripan Cushing tanpa izin yang tepat.

Disney berargumen bahwa mereka tidak memerlukan izin karena mereka memiliki hak untuk menggunakan gambar Cushing dari film asli Star Wars. 

Namun hakim Tom Mitcheson menolak permintaan Disney untuk membatalkan kasus ini, menyatakan bahwa meskipun dia tidak yakin Francis akan memenangkan kasus ini, dia juga tidak menganggap kasus ini "tidak dapat diperdebatkan".

Baca Juga: Daniel Pemberton Tegaskan Produksi Film Spiderman Beyond the Spider Verse Tidak Tertunda

Kasus ini akan menjadi preseden penting dalam hukum terkait penggunaan kemiripan aktor yang telah meninggal, terutama dengan kemajuan teknologi CGI(Computer-Generated Imagery) yang memungkinkan rekreasi semacam itu.

Sebelum merebaknya kasus Disney dan Peter Cushing ini, CGI memang hanya dimanfaatkan untuk membuat latar tempat yang detailnya terlalu sulit dibuat secara langsung.***

Sumber: ComicBook.com

Berita Terkait