DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Pilihan Bisnis Mulai dari Desa Tapi Peluang Keuntungan Besar

image
Membangun bisnis dari desa dengan modal kecil (Pixabay/Wolfgang 1958)

LIFESTYLEABC.COM - Memulai bisnis di desa sering kali dianggap memiliki keterbatasan, namun kenyataannya, banyak peluang bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil dan memberikan keuntungan yang signifikan. 

Dengan memanfaatkan keunikan dan potensi yang ada di desa, kamu bisa memulai bisnis yang tidak hanya menguntungkan, tetapi juga mendukung perekonomian lokal. 

Salah satu keuntungan memulai bisnis di desa adalah biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan di kota. Misalnya, harga sewa tempat atau bahan baku yang lebih murah menjadi faktor penting dalam menekan modal awal. 

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dan hanya Butuh Modal Jumlah Kecil, Bisa Berawal dari Hobi

Dengan modal kecil, usaha seperti produksi kerajinan tangan, jasa reparasi, atau usaha kuliner khas desa bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Selain membantu meningkatkan perekonomian desa, bisnis yang dibangun dengan modal kecil ini bisa menjadi contoh keberhasilan wirausaha yang mandiri dan berkelanjutan. 

Berikut adalah beberapa contoh usaha yang bisa kamu buat di desa: 

1. Budidaya Jamur Tiram

Baca Juga: Ide Bisnis hanya Dengan Modal 1 Juta Rupiah Potensi Keuntungan Ratusan Juta

Untuk memulai bisnis budidaya jamur tiram sebenarnya tidak membutuhkan lahan yang luas, justru bisa dimulai dengan modal minim dimulai dari desa. Anda bisa memanfaatkan sisa ruang sempit di rumah atau sisi lahan yang kosong di rumah untuk dijadikan tempat budidaya jamur tiram. Faktor terpenting untuk menumbuhkan bisnis budidaya jamur tiram adalah rajin menyiram tanaman ini dan berikan nutrisi yang lengkap, maka akan tumbuh dengan subur. Jika berhasil panen, Anda bisa memasarkan jamur tiram ini ke pasar tradisional hingga restoran yang memiliki banyak peminat.

2. Ternak Ayam Kampung

Peternakan ayam kampung tidak kalah menjanjikan di desa. Untuk memulai bisnis ini hanya membutuhkan modal yang minim, Anda hanya perlu membeli beberapa ekor anak ayam dan mulai membangun kandang yang tidak perlu terlalu mewah. Bahan makanan untuk para anak ayam inipun tidak sulit dikumpulkan, mulai dari sisa makanan hingga sayuran.Jangan lupa untuk memberikan vaksinasi untuk meningkatkan kesehatan anak ayam yang dirawat. Dagingnya yang sehat dan lezat bakal laris manis di pasaran. Apalagi menjelang hari raya, permintaannya bisa melonjak drastis. Bukan hanya ayamnya saja, jika ayam bertelor pun, telornya bisa kita jual juga. 

Baca Juga: Ide Bisnis Tanpa Banyak Kompetitor, Peluang Tinggi jadi Juara Pertama

3. Cabe Rawit Dijamin Bikin Panas!

Usaha menjual cabe rawit adalah potensi keuntungan yang tinggi tapi dengan modal awal terjangkau. Kamu bisa menjualnya ke pasar-pasar tradisional, supermarket, hingga luar negeri. 

4. Jual Produk Makanan Lokal

Disetiap desa pasti memiliki makanan khas yang banyak orang belum tahu. Dengan peluang ini, kamu bisa menjualnya di toko-toko online atau supermarket sebagai salah satu media untuk memperkenalkan, dan melestarikan makanan khas desa tersebut kepada banyak orang. 

5. Jual Produk Kerajinan Khas Desa

Selain menjual makanan khas desa, kamu juga bisa menjual produk kerajinan khas desa untuk menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Misalnya, aksesoris, souvenir, baju, atau barang oleh-oleh lainnya. Jika desamu terdapat tempat wisata, kamu bisa menjualnya kepada para wisatan dan jangan lupa untuk selalu memanfaatkan media sosial dan berbagai market place lainnya untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

Kunci utama keberhasilannya adalah memanfaatkan sumber daya lokal dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar. Selain itu, dengan perkembangan teknologi, usaha di desa juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas melalui platform online, sehingga bisnis kecil bisa berkembang lebih pesat.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait