DECEMBER 9, 2022
News

Manfaat Air Beras yang Mempunyai Berguna untuk Merawat Kesehatan Rambut

image
Manfaat air beras untuk merawat kesehatan rambut yang tidak diketahui (UNSPLASH/Element5 Digital)

LIFESTYLEABC.COM - Air beras sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai rahasia kecantikan dan juga bermanfaat untuk kesehatan ramnut, karena kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino.

Air beras menawarkan beragam manfaat yang dapat membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit hingga kesehatan rambut yang dapat Anda rasakan selama di rumah. 

Air beras juga bermanfaat untuk kesehatan rambut kita. Kandungan inositol, sejenis karbohidrat yang terdapat pada air beras membantu memperkuat rambut dan mengurangi kerusakan rambut. Rambut  menjadi lebih lembut, berkilau dan mudah diatur. 

Baca Juga: Dokter Spesialis Dermatologi Jelaskan Ciri-Ciri Kesehatan Rambut Menua tidak hanya Uban

Salah satu manfaat utama air beras adalah kemampuannya dalam meremajakan kulit wajah. Karena mengandung antioksidan, membantu melawan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan. 

Apa saja manfaat yang bisa diberikan air beras untuk kecantikan kulit dan rambut? Berikut ini beberapa di antaranya: 

1. Mencerahkan Kulit

Baca Juga: Manfaat Tren Memeluk Pohon Berpengaruh positif ke Kesehatan Mental

Banyak orang yang percaya bahwa air beras dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi flek hitam. Itu sebabnya banyak produk kecantikan seperti sabun, lotion, dan krim yang mengandung air beras. 

2. Bantu Cegah Penuaan Dini

Manfaat tersebut didapat dari asam amino, antioksidan, dan mineral yang terdapat di dalam air beras, yang mampu mengurangi atau memperlambat proses penuaan kulit. Asam amino ini juga dapat menghambat aktivitas elastase, enzim yang menyebabkan penuaan kulit. 

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh ala Jennifer Aniston, Selebriti Cantik Hollywood di Usia 55 Tahun

3. Mengoptimalkan Fungsi Perlindungan Kulit

Lapisan kulit terluar, yang disebut lapisan pelindung, mencegah kulit menjadi kering dan rentan terhadap kondisi yang eksim dan dermatitis atopik. Mengoleskan air beras ke kulit secara teratur akan mengoptimalkan fungsi pelindung pada kulit wajah. 

4. Mencegah jerawat

Manfaat penggunaan air beras untuk cuci muka efektif mencegah timbulnya jerawat. Sebab memiliki efek astringen yang mengurangi kemerahan dan mencegah terbentuknya jerawat baru. 

5. Rambut berkilau

Membilas rambut dengan air beras akan menambah kilau rambut dan menjaganya tetap kuat dan sehat. Caranya yaitu keramas dengan sampo seperti biasa, lalu tuangkan air beras ke rambut. Pijat lembut ke kulit kepala dan rambut, setelah itu bilas hingga bersih dengan air.

Hanya dengan menyisihkan air beras, Anda bisa merasakan manfaat untuk mendapatkan kesehatan rambut alami dan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait