DECEMBER 9, 2022
News

Manfaat Tren Memeluk Pohon Berpengaruh positif ke Kesehatan Mental

image
Manfaat memeluk pohon untuk kebaikan dan kesehatan mental (Pixabay/Aszak)

LIFESTYLEABC.COM - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memeluk pohon bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kesehatan mental pada diri kita. 

Cara memeluk pohon ini bisa menjadi jalan yang efektif untuk menjaga kesehatan mental dengan cara yang mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Penelitian dari China mengungkap salah satu manfaat memeluk pohon dapat menjaga kesehatan mental dan membantu memberikan ketenangan pada diri sendiri.

Baca Juga: Kecemasan bisa Diredam dengan Konsumsi Suplemen Magnesium dan Berdampak Positif pada Kesehatan Mental

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa, memeluk pohon dapat mengurangi stres tinggi, membawa ketenangan dan meningkatkan kesehatan mental. Penelitian itu adalah hasil studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Kehutanan Beijing. 

Fenomena ini bukanlah hal yang baru. Karena sejak tahun 1980-an, pemerintah Jepang sudah mengamati bahwa tingkat stres di kalangan warganya meningkat akibat terlalu banyak waktu yang dihabiskan dalam sektor teknologi dan industri. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Kehutanan dan Perikanan Jepang meluncurkan gerakan "Shinrin-yoku" pada tahun 1982. Program itu mendorong masyarakat untuk meredakan stres dengan berkunjung ke hutan, dan cara itu terbukti efektif. 

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Penyakit Jantung

Berikut ini beberapa manfaat pohon untuk kesehatan mental: 

1. Peningkatan Kualitas Udara

Umumnya di setiap lokasi yang mempunyai banyak pohon rindang akan memiliki kualitas udara yang baik meskipun banyak kendaraan lalu lalang. Jika kualitas udaranya baik dengan adanya pohon maka akan ikut berpengaruh pada kesehatan mental. Karena dengan kualitas udara yang baik dapat mendukung kerja paru-paru yang akhirnya berdampak positif pada penurunan tingkat stres.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin Selama Mengandung

2. Pengaruh Visual dan Suara Pohon

Hanya dengan melihat pohon atau mendengarkan suara daun yang berdesir dapat memberikan dampak positif pada pikiran dan perasaan seseorang. Penelitian menunjukkan jika melihat visual pemandangan alam, seperti pohon dapat membantu pemulihan dari stres hingga meningkatkan konsentrasi. 

3. Aktivitas Fisik di Alam

Dengan adanya pohon juga dapat mendorong aktivitas fisik olahraga seperti berjalan hingga jogging ringan. Jika rutin menjalani olahraga ini tidak hanya berpengaruh positif untuk kesehatan fisik, di saat yang sama juga berdampak baik pada kesehatan mental dan mengurangi stres. 

Dan untuk saat ini, tren serupa sedang merambah di Tiongkok. Kegiatan untuk meredakan stres dengan memeluk pohon semakin populer. Selain bermanfaat bagi kesehatan mental, pohon juga terbukti mengeluarkan minyak esensial yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan fisik manusia.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait