DECEMBER 9, 2022
News

Manfaat Konsumsi Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Penyakit Jantung

image
Manfaat ikan salmon untuk melindungi kesehatan tubuh (Pexels.com/Malidate Van)

LIFESTYLEABC.COM - Ikan salmon adalah sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, karena mengandung asam lemak omega-3, protein berkualitas tinggi, mineral esensial, serta vitamin.

Omega-3 yang terdapat di dalam ikan salmon sangat penting untuk mendukung fungsi organ vital, seperti jantung dan otak dan berperan penting pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ikan salmon bermanfaat untuk kesehatan tubuh hingga jantung, karena memiliki kandungan omega-3 yang berperan untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Baca Juga: Berkenalan dengan Jenis Kopi Putih Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, mengkonsumsi ikan salmon juga berfunsgi untuk menjaga fungsi jantung agar tetap optimal dan untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Ikan salmon juga dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan otak. Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam ikan tersebut bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak, dan menjaga daya ingat.

Berikut manfaat dari makan ikan salmon bagi kesehatan jantung hingga tulang:

Baca Juga: Manfaat Obat Herbal Dalam Perawatan Penyakit Kanker Secara Alami

1. Jantung sehat, hidup lebih panjang

Karena memiliki asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung, bisa membantu mengurangi peradangan pada tubuh, dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, kandungan kaliumnya dapat membantu mengatur tekanan darah dengan merelaksasi dinding pembuluh darah.

2. Tulang kuat, sendi lincah

Baca Juga: Manfaat Tersembunyi dari Olahraga bagi Kesehatan Tubuh

Sumber kandungan vitamin D tidak hanya dari matahari saja, tetapi bisa kita dapatkan juga dari salmon. Selain itu, salmon memiliki kandungan kalsitomim yang berfungsi untuk meningkatkan densitas dan kekuatan tulang, membantu mencegah terjadinya osteoporosis, serta penyakit sendi.

3. Baik untuk mengelola berat badan

Mengkonsumsi ikan salmon secara teratur bisa membantu tubuh dalam menurunkan berat badan agar menjadi ideal. Kandungan yang terdapat di dalamnya membantu mengatur hormon agar mengendalikan nafsu makan. Metabolisme tubuh akan meningkat lebih banyak setelah kita mengkonsumsi salmon secara teratur.

4. Mood stabil, jauh dari depresi

Salmon mengandung vitamin B12, triptofan, dan nutrisi yang berperan dalam produksi serotonin, serta hormon yang dapat mengatur suasana hati. Dengan mengkonsumsi salmon secara teratur juga dapat membantu menjaga keseimbangan mood, mengurangi resiko depresi, dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Bagus untuk kesehatan kulit

Di dalam salmon terdapat kandungan astaxanthin yang berfungsi membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, mengurangi kerutan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Jadikan ikan salmon sebagai dari list menu harian kamu, setidaknya dalam seminggu kamu bisa mengkonsumsinya sebanyak dua porsi.

Bahkan di Jepang, ikan salmon sangat digemari dan sering disajikan dalam menu sushi, karena lezat dan mudah diolah.*

Berita Terkait