DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Manfaat Tersembunyi dari Olahraga bagi Kesehatan Tubuh

image
Dampak positif Olahraga untuk kebaikan dan kesehatan tubuh (UNSPLASH/Markus Spiske)

LIFESTYLEABC.COM - Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar dan sehat. Di tengah kesibukan dan gaya hidup modern yang cukup pasif, seringkali kita lupa betapa pentingnya bergerak secara aktif.

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah yang tentu menjadi bagian penting bagi tubuh.

Olahraga juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, resiko stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya, serta meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Liburan Sekaligus Olahraga di Kota Jakarta, Ini Dia Destinasi Wisata Climbing Gym yang bisa Anda Jajal

Olahraga bisa meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, dan fleksibilitas. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan mencegah berbagai penyakit.

Berdasarkan laporan Sport Development Index (SDI) tahun 2021, hanya 35,7% penduduk Indonesia yang aktif berolahraga. Angka ini masih jauh di bawah standar yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO), yaitu 60%. 

Hal ini disebabkan karena beberapa faktor seperti rendahnya minat olahraga di Indonesia, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga untuk mejaga kesehata, fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai, dan kurangnya dukungan dari pemerintah maupun swasta dalam pengembangan olahraga.

Baca Juga: Perjalanan Sejarah Olahraga Tenis Kursi Roda hingga jadi Cabor Paralimpiade 2024

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari olahraga bagi tubuh seseorang, diantaranya adalah:

1. Mengontrol Berat Badan

Olahraga yang teratur bisa membantu kamu mengontrol berat badan. Berat badan akan meningkat ketika kalori yang dikonsumsi lebih banyak ketimbang yang dibakar. Maka penting bagi kita untuk melakukan olahraga, setidaknya seperti joging di pagi atau sore hari.

Baca Juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional yang Dirayakan di Indonesia

2. Menurunkan Risiko Penyakit

Penyakit jantung dan stroke adalah dua penyebab utama kematian di dunia. Melakukan olahraga setidaknya 150 menit seminggu dapat menurunkan risiko mengidap penyakit jantung dan stroke. Aktivitas fisik yang teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan menjaga kesehatan dan performa seksual. Orang yang rutin melakukan olahraga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik sehingga berdampak juga pada performa seksual.

4. Membantu menjaga kesehatan kulit

Kulit kamu bisa terpengaruh oleh jumlah stres oksidatif yang muncul akibat antioksidan tubuh tidak bisa sepenuhnya memperbaiki kerusakan radikal bebas pada sel. Kondisi ini bisa merusak struktur internal dan merusak kulit. Dengan rutin berolahraga, produksi antioksidan alami dalam tubuh akan meningkat.

Kondisi ini dapat membantu melindungi sel, menstimulasi aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang bisa membantu menunda penuaan kulit.

Berita Terkait