DECEMBER 9, 2022
News

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin Selama Mengandung

image
Manfaat baik daun kelor untuk kesehatan janin ibu hamil (Pexels.com/StockSnap)

LIFESTYLEABC.COM - Di balik rasanya yang pahit, daun kelor menyimpan segudang manfaat, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Dikenal sebagai pohon ajaib, daun kelor (Moringa oleifera) sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional dalam berbagai kondisi kesehatan. 

Daun kelor dilengkapi dengan beberapa nutrisi, seperti vitamin A, B kompleks, C, E, dan K, kalsium, zat besi, kalium, dan zinc. Daftar kandungan nutrisi ini menjadikan daun kelor sebagai suplemen alami yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan janin. 

Para ibu hamil bisa mengolah daun kelor ini menjadi lauk sayur berkuah. Selain itu, daun kelor memiliki sifat anti-jamur hingga anti-inflamasi karena mengandung vitamin dan mineral. 

Baca Juga: Perlengkapan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengikuti Event Marathon, Salah Satu Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

Secara umum, berikut ini manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil jika mengonsumsi sayuran yang satu ini. 

1. Menjaga Perkembangan Janin

Untuk memenuhi kebutuhan janinnya, ibu hamil membutuhkan 27 mg zat besi setiap hari. Ternyata, di sayuran ini, setidaknya kamu bisa mendapatkan 4 mg zat besi dalam 100 gram daun kelor. Ibu hamil membutuhkan zat besi ini untuk membentuk sel darah merah yang penting untuk perkembangan janin. 

Baca Juga: Manfaat Tersembunyi dari Olahraga bagi Kesehatan Tubuh

2. Mencegah Anemia

Ekstrak pada daun kelor bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Kandungan hemoglobin juga dibutuhkan ibu hamil untuk melengkapi protein di dalam sel darah merah yang berfungsi mengikat oksigen. Khasiat yang ada di daun kelor bahkan bisa disetarakan dengan manfaat konsumsi rutin suplemen zat besi untuk ibu hamil. Vitamin A yang terkandung dalam daun kelor juga penting untuk meningkatkan produksi sel darah merah. 

3. Melancarkan Produksi ASI

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Penyakit Jantung

Manfaat lain yang tidak kalah penting dari daun kelor bagi ibu hamil adalah melancarkan produksi ASI yang sangat dibutuhkan ketika menyusui bayi. Hal ini karena kandungan zat besi dan folat dalam daun kelor membantu meningkatkan aliran darah ke payudara dan mendukung produksi ASI. 

4. Membantu Perkembangan Janin

Daun kelor kaya akan asam folat, yang penting untuk perkembangan otak dan saraf janin. Di saat yang sama, kandungan vitamin A, B kompleks, dan zinc pada daun kelor juga memegang peran penting dalam perkembangan janin secara keseluruhan. 

5. Mencegah diabetes gestational

Penyakit ini adalah masalah kehamilan yang paling umum. Kondisi ini terjadi karena tingginya kadar gula darah dalam darah. Ramuan daun kelor juga bisa dimanfaatkan ibu hamil untuk menurunkan produksi gula darah selama proses mengandung janin. Sayuran ini mengandung isotiosianat yang dapat menjaga kinerja hormon insulin. Jika hal ini dibiarkan saja, diabetes gestasional bisa mengakibatkan beberapa komplikasi kehamilan hingga kelahiran prematur. 

Selama dikonsumsi secara teratur, daun kelor tidak akan menimbulkan dampak serius pada janin dan memperhatikan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang lain selama proses kehamilan.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait