DECEMBER 9, 2022
Selebriti

Daftar Film Non Inggris yang Diprediksi Berebut Piala Oscar 2025

image
Judul film non-Inggris nominasi ajang penghargaan Oscar 2025 (Britannica)

LIFESTYLEABC.COM - Oscar 2025 merupakan Academy Awards tahunan ke-97 yang diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences menjadikan beberapa film non-Inggris sebagai nominasinya

Ajang tahunna Oscar 2025 bertujuan untuk mengapresiasi pencapaian terbaik industri perfilman pada tahun 2024, termasuk kategori seperti film terbaik, sutradara terbaik, aktor aktris terbaik hingga film non-Inggris terbaik. 

Seperti yang diketahui jika Oscar 2025 dianggap sebagai penghargaan bergengsi di industri film dan terdapat 7 judul film non-Inggris yang diprediksi akan memenangkan trofi tersebut

Baca Juga: Sinopsis dan Jadwal Tayang film I, The Executioner di Bioskop Indonesia Duet Hwang Jung Min dan Jung Hae In

Walaupun acara tersebut masih beberapa bulan lagi, tapi kabar dan prediksi nominasinya sudah mulai muncul dari akhir tahun 2024 . Selain best picture, kategori yang tidak kalah seru dan susah untuk di tebak yaitu film internasional terbaik. 

Ada sembilan film yang memiliki peluang besar untuk dapat nominasi Oscar 2025 dalam kategori Film Fitur Internasional Terbaik. 

1. Cloud (2024)

Baca Juga: Film 28 Years Later jadi Karya Lebar Pertama Direkam dengan Smartphone iPhone 15 Pro Max

Jepang resmi memilih Cloud untuk menjadi jagoan mereka di Oscar 2025. Film dari karya Kiyoshi Kurosawa yang bergenre thriller-psikologi, yang tayang perdana di Venice Film Festival. Film ini menceritakan sebuah kehidupan pelik seorang pekerja yang berhasil membangun bisnis jual-beli barang bekas, tapi malah dihancurkan oleh sifat serakahnya sendiri. 

2. All We Imagine as Light (2024)

Film pemenang Grand Prix Cannes Film Festival 2024 ini berlatarkan Mumbai, India, dan masa sekarang. Di dalam film ini, sang sutradara yang bernama Payal Kapadia akan mengajak kalian untuk mengikuti relasi tiga perempuan yang sedang melakukan perjalanan ke pinggiran kota untuk menemukan sebuah kebebasan. 

Baca Juga: Sinopsis Film Tebusan Dosa Diperankan Aktris Putri Marino

3. Emilia Perez (2024)

Salah satu film berbahasa non Inggris favorit untuk Oscar 2025 yaitu film Emilia Perez. Film tersebut di bintangi oleh aktris-aktris besar, seperti Selena Gomez dan Zoe Saldana. Film sinema ini bergenre musikal dan biografi. 

4. Universal Language (2024)

Universal Language jadi submisi resmi Kanada untuk Oscar 2025. Film satire absurd ini mengikuti beberapa karakter sekaligus yang tampak tidak berkorelasi antara satu sama lain. Meskipun latarnya berorbit di Winnipeg, tapi ada Teheran dan bahasa Iran yang ikut andil pada film ini. 

5. The Seed Of Sacred Fig (2024)

The Seed Of Sacred Fig adalah film dari sutradara Iran Mohammad Rasoulof yang dipastikan jadi submisi resmi Jerman untuk Oscar 2025. Film ini sempat meraih Special Award ketika tayang di Cannes Film Festival 2024. 

6. The Devil's Bath (2024)

Film karya duo sutradara Austria Veronika Franz dan Severin Fiala, akan jadi satu-satunya film horor yang di pilih dalam Oscar 2025. Film ini kaya dengan referensi sejarah dan komentar sosial. 

7. Shambhala (2024)

Shambhala adalah film Nepal yang pernah tayang di Berlinale dan Locarno Film Festival 2024. Tidak kalah unik dan kaya konteks budaya, film ini mengajak kalian untuk menyelami pernikahan poliandri yang umum di praktikan di kawasan pegunungan Himalaya. 

Itu dia 7 film sinema yang berbahasa non-Inggris yang berpeluang besar dapat nominasi Oscar 2025. Semua ini baru hanya proyeksi belaka, dan yang akan dipilih menjadi panitia Oscar pun masih menjadi materi.***

Nama penulis: Siska Dinnuriza Ayani

Berita Terkait