DECEMBER 9, 2022
Buku

Tips Memilih Buku untuk Anak Sebagai Bahan Belajar Ringan dan Menyenangkan

image
Cara memilih buku untuk dibaca anak sebagai bahan belajar (UNSPLASH/Josh Applegate)

LIFESTYLEABC.COM - Mengenalkan buku bisa menjadi sarana menyenangkan untuk menjadi bahan belajar ringan bagi setiap anak terutama di usia balita.

Namun setiap anak masih belum mengerti sepenuhnya tentang topik yang dibicarakan dalam buku yang diberikan orang tua dan proses belajar justru bisa terasa sangat sulit.

Karena itulah untuk menghindari kesalahan ini, Anda perlu mengetahui tentang tips untuk memilih buku yang akan diberikan kepada anak sebagai bahan belajar yang ringan.

Baca Juga: Tips dari Shin Min A agar Cepat Naik Jabatan di Kantor Ala Drakor No Gain No Love

Jika dibiasakan sejak kecil, membaca buku akan terus ditekuni oleh anak hingga dewasa yang mempunyai manfaat baik yang akan dirasakan ketika harus belajar dengan tingkat yang lebih lanjut.

Salah satu tips untuk memilih buku yang akan dibaca oleh anak adalah melihat kategori usianya yang akan mempermudah proses belajar si kecil dengan cara menyenangkan.

Berikut ini adalah tips lain untuk memperkenalkan buku kepada anak sebagai bahan belajar yang bisa diperhatikan oleh orang tua:

Baca Juga: Tips Memilih Bacaan Buku Bahasa Inggris untuk Melatih Kemampuan Bahasa Asing

1. Pilih buku dengan ilustrasi menarik

Setiap anak akan mudah tertarik dengan benda, mainan hingga buku yang mempunyai ilustrasi menarik perhatiannya yang bisa menjadi proses awal belajar.

Anda harus memilih kategori buku yang akan diperkenalkan kepada anak yang akan membuatnya semakin tertarik untuk mengenal ilmu-ilmu dasar yang dapat dikenalinya lewat gambar.

Baca Juga: Tips Karir untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving selama Kerja di Kantor

Bagi anak Anda yang gemar mengulang kata dan frasa dengan keras maka buku yang bisa dikenalkan sebagai bahan belajar adalah macam-macam buku puisi atau cerita pendek.

2. Perhatikan konsep yang ingin diperkenalkan

Begitu banyak jenis buku yang bisa ditemukan akan membuat anak kesulitan bahkan salah paham dengan konsep atau isu yang dibicarakan dalam buku tersebut.

Karena itulah Anda perlu memperhatikan konsep dan masalah yang dibicarakan dalam buku yang akan dikenalkan kepada anak agar bisa dipahami dengan baik.

Pastikan Anda menjelaskan konsep masalah yang dibahas dalam buku tersebut agar bisa dipahami oleh anak tanpa bisa disalahpahami sebagai bagian dari proses belajar.

Sebagai contoh, orang tua perlu mengenalkan konsep masalah dewasa dalam buku yang dibacakan kepada anak dengan cara yang tepat disertai dengan penjelasan yang tepat dan mudah dimengerti.

3. Kenali potensi anak

Setiap anak mempunyai potensi bakat yang berbeda-beda dan memperkenalkan buku bisa menjadi sarana untuk mengembangkan bakat tersebut ke arah yang positif.

Hal terpenting untuk memperkenalkan buku kepada anak adalah mengenali potensi bakat yang terlihat dan memilih tipe bacaan tanpa meniru orang lain.

Anda tidak perlu melihat bakat anak orang lain dengan buku yang terlihat berbeda atau potensi yang berbeda, karena anak Anda sendiri mempunyai bakat individu yang bisa dikembangkan dalam waktu ke depan.

Tidak lupa untuk meyakinkan diri sendiri, Anda bisa membaca ulang buku tersebut agar yakin bisa diberikan kepada anak.***

Berita Terkait