DECEMBER 9, 2022
Buku

Tips Memilih Bacaan Buku Bahasa Inggris untuk Melatih Kemampuan Bahasa Asing

image
Tips memilih buku bahasa Inggris sebagai bahan bacaan melatih kemampuan bahasa asing (UNSPLASH/Joel Muniz)

LIFESTYLEABC.COM - Kemampuan bahasa asing menjadi faktor penting untuk bisa bersaing di dunia kerja, karena itulah Anda membutuhkan tips memilih buku bahasa Inggris sebagai bacaan di rumah.

Memilih buku bahasa Inggris bukan hal yang mudah terutama bagi seseorang yang baru belajar bahasa asing terlebih dengan tujuan ingin segera mendapatkan pekerjaan di bidang tertentu.

Dengan mengikuti tips memilih buku bahasa Inggris ini, Anda bisa segera membaca atau bicara bahasa asing dalam waktu yang singkat tetapi dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Rekomendasi Novel Indonesia dengan Genre Fiksi yang Harus Anda Baca Tahun 2024, Salah Satunya Andrea Hirata

Tips ini tidak mewajibkan Anda untuk membaca buku bahasa Inggris dengan topik tertentu, melainkan bisa dimulai dengan topik yang Anda suka seperti novel hingga sejarah untuk melatih kemampuan bahasa asing Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih buku bahasa Inggris yang bisa Anda terapkan untuk melatih kemampuan bahasa asing selama di rumah:

1. Buku terbitan terbaru

Baca Juga: Tips Karir untuk Menolak Tawaran Lowongan Kerja dari Teman Dekat

Membaca bahasa asing mungkin bisa terasa sulit bagi seseorang yang baru belajar atau membaca buku bahasa Inggris, karena itulah Anda harus menyesuaikan bacaan yang ditekuni.

Salah satu tips yang bisa Anda terapkan saat membaca buku bahasa Inggris untuk melatih kemampuan bahasa asing adalah memperhatikan waktu terbitannya.

Jika waktu terbitnya masih dari tahun 80-90an, buku bahasa Inggris yang Anda baca bisa terlalu sulit untuk dipahami dan menghambat latihan kemampuan bahasa asing Anda.

Baca Juga: Tips Menggunakan Bahan Baju untuk Hindari Bau Badan dan Tetap Percaya Diri

Sedangkan jika Anda membaca buku bahasa Inggris dari terbitan terbaru, tulisannya bisa lebih mudah dipahami karena isi topiknya juga relevan dengan situasi yang Anda hadapi saat ini.

2. Manfaatkan kamus

Proses melatih kemampuan bahasa asing ini bisa berjalan begitu sulit setiap mendapat kosakata baru yang ditemukan pada buku bahasa Inggris yang Anda baca.

Karena itulah sebaiknya Anda memanfaatkan kamus untuk mempermudah proses latihan bahasa asing selagi membaca buku bahasa Inggris tanpa kebingungan dengan arti yang dibaca.

Anda bisa menggarisbawahi kosakata yang tidak Anda ketahui artinya dan mencari tahu artinya dengan membuka kamus dari English-Indonesia atau dari Indonesia-English.

3. Hindari membaca buku puisi

Karena menjadi pemula dalam membaca buku bahasa Inggris dan ingin menyempurnakan kemampuan bahasa asing, maka Anda sebaiknya perlu menghindari membaca buku puisi.

Hal ini dikarenakan buku puisi sering mengandung kosakata rumit, kreatif hingga imajinatif yang sulit Anda terjemahkan selama belajar bahasa asing.

Sebaiknya belajar bahasa asing dengan membaca buku bahasa Inggris dimulai dengan topik yang ringan dengan buku dongeng atau novel yang berhubungan dengan kosakata yang ringan.

Itulah beberapa tips memilih buku bahasa Inggris yang bisa diperhatikan untuk melatih kemampuan bahasa asing dengan leluasa tetapi tetap menyenangkan.***

Berita Terkait