DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir untuk Menolak Tawaran Lowongan Kerja dari Teman Dekat

image
Tips karir menolak lowongan kerja dari teman dekat (UNSPLASH/Austin Distel)

LIFESTYLEABC.COM - Terdapat tips karir untuk menolak tawaran lowongan kerja yang diberikan teman dekat setelah bekerja dalam waktu yang lama di kantor.

Anda bisa menerapkan tips karir ini sebagai jawaban untuk menolak tawaran lowongan kerja yang diberikan oleh teman dekat seandainya kurang tertarik dengan posisi yang ditawarkan.

Alasan dan tips karir yang diutarakan untuk menolak tawaran lowongan kerja ini bisa bermacam-macam, mulai dari merasa nyaman di kantor sekarang atau ingin merintis karir lebih jauh ke depan.

Baca Juga: Tips Karir Menghadapi Rekan Kerja di Kantor yang Mendominasi Diskusi

Anda dapat menolak tawaran lowongan kerja dari teman terdekat dengan alasan ingin mengembangkan karir di masa depan bisa lebih jauh dan menjanjikan.

Ketimbang pindah kantor dari tawaran lowongan kerja yang ditawarkan teman belum tentu memberikan hasil masa depan yang memuaskan sebagai salah satu manfaat menerapkan tips karir ini.

Berikut ini adalah tips karir untuk menolak tawaran lowongan kerja yang datang dari teman dekat dengan beberapa alasan yang dapat diungkapkan:

Baca Juga: Tips Karir membangun Hubungan Baik dengan Junior selama Kerja di Kantor

1. Dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu

Terkadang ada beberapa posisi jabatan di perusahaan yang menawarkan lowongan kerja dengan tujuan yang tidak baik dan bisa datang dari teman terdekat.

Salah satu tips karir ini menyarankan Anda untuk tidak mengambil tawaran atau lowongan kerja yang datang dari teman dekat dengan tujuan untuk membuka aib kantor yang lama.

Baca Juga: Fresh Graduate Harus Tahu, Tips Karir untuk Mengetahui Lowongan Kerja yang Ternyata Penipuan

Teman dekat Anda yang menawarkan lowongan kerja hanya ingin mendapat informasi yang berkaitan dengan kantor lama Anda dan tetap harus menjaga profesionalitas.

Ketika pindah ke kantor yang baru, Anda hanya perlu melakukan pekerjaan sebaik mungkin sesuai dengan kapasitas pekerjaan bukan menyebar aib perusahaan lama.

2. Segan meminta upah setara

Kedekatan dengan seorang teman yang menawarkan lowongan kerja ini juga ikut berpengaruh dalam profesionalitas selama bekerja di kantor yang baru setelah pindah.

Semakin dekat Anda dengan teman yang menawarkan lowongan kerja ini akan membuat Anda segan untuk menetapkan upah atau gaji bulanan yang sesuai standar industri.

Akhirnya teman dekat Anda hanya setuju untuk memberikan gaji bulanan secukupnya atau "harga teman" saja dan tidak sebanding dengan gaji karyawan tetap pada umumnya.

Hal ini tentu tidak bisa dibenarkan karena perusahaan wajib memberikan kehidupan yang layak pada karyawannya berupa gaji yang sesuai standar.

3. Bukan bidang Anda

Menerima tawaran lowongan kerja tentu membuat Anda harus beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi di kantor baru dan termasuk dalam tips karir yang harus diperhatikan.

Tips karir ini mengingatkan Anda jika perlu memperhatikan detail lingkungan kantor hingga pekerjaan sehari-hari yang harus dilakukan bisa tidak sesuai dengan kemampuan Anda.

Perlu diingat produktivitas akan berjalan dengan baik jika Anda mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kemampuan yang Anda kuasai.

Untuk itulah Anda perlu memperhatikan pekerjaan yang ditawarkan agar bisa mencapai peforma yang baik seandainya pindah ke kantor yang baru.

Jika mempunyai teman yang sudah berhubungan sejak lama, Anda tetap bisa saling berkomunikasi namun bukan berarti harus menggantungkan masa depan karir.

Pastikan Anda bekerja di kantor yang sesuai dengan keahlian Anda dan terus catatkan produktivitas yang meningkat setiap saat agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.***

Berita Terkait