DECEMBER 9, 2022
Karier

Tips Karir Menghadapi Rekan Kerja di Kantor yang Mendominasi Diskusi

image
Tips karir untuk hadapi rekan kerja di kantor yang dominasi pembicaraan (UNSPLASH/Mark Siverwright)

LIFESTYLEABC.COM - Selama kerja di kantor pastinya Anda akan menemui rekan kerja yang selalu mendominasi situasi dan membutuhkan tips karir untuk menghadapi tipe orang seperti ini.

Anda membutuhkan tips karir yang akan bermanfaat untuk menghadapi tipe rekan kerja yang selalu mendominasi diskusi di ruang kerja agar tetap diperhatikan atasan selama kerja di kantor.

Jika Anda mengikuti tips karir ini, Anda dapat menginterupsi rekan kerja ketika berbicara dan ikut menyampaikan pendapat yang relevan dengan isu yang dibahas saat kerja di kantor.

Baca Juga: Tips Traveling dan Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Liburan ke Vietnam

Di samping itu, tips karir ini juga membuat Anda dapat menemukan solusi seandainya sedang bertikai dengan rekan kerja selama kerja di kantor dikarenakan perbedaan pendapat.

Tips karir ini juga dapat membuat Anda untuk bisa menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja selama beraktivitas dan kerja di kantor yang satu waktu bisa terjadi kesalah menyampaikan informasi.

Berikut ini adalah beberapa tips karir untuk menghadapi rekan kerja yang mendominasi forum diskusi yang harus diterapkan selama kerja di kantor:

Baca Juga: Tips Karir Harus Diikuti oleh Fresh Graduate untuk Menentukan Pekerjaan Masa Depan

1. Utarakan interupsi yang sopan

Tidak jarang ketika sedang menyampaikan presentasi atau pendapat saat kerja di kantor, Anda akan dipotong oleh rekan kerja yang akan terasa kurang elok.

Namun penting bagi Anda untuk menguasai keadaan dan emosi tetap terjaga dan dapat melanjutkan pendapat hingga akhir dengan baik di depan rekan kerja lain.

Baca Juga: Tips Karir untuk Merasa Selalu Antusias Berangkat ke Kantor

Tips karir yang bisa dilakukan untuk mengutarakan interupsi pada rekan kerja yang menyela saat presentasi kerja di kantor seperti mengucapakan kalimat "Terima kasih atas pendapatmu, tapi aku ingin menyelesaikan poinku dulu."

Dengan mengucapkan ini, Anda dapat melanjutkan presentasi dengan baik serta mengakhiri pendapat hingga tuntas tanpa terhalang pendapat dari rekan kerja lain.

2. Ajak rekan kerja lain ikut berpendapat

Selama kerja di kantor tentu ada beberapa rekan kerja lain yang ragu untuk berpendapat dan membuat satu orang jadi lebih mendominasi diskusi dan pembicaraan hanya berjalan satu arah.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengajak rekan kerja yang jarang bicara untuk mengutarakan pendapat selama diskusi dan kerja di kantor berjalan.

Dengan mendengar pendapat dari pihak ketiga juga akan membuat Anda mendapat inspirasi baru dan melakukan improvisasi untuk pendapat Anda sendiri.

Dengan begitu diskusi dan pendapat tidak akan didominasi oleh satu orang rekan kerja saja melainkan bisa ada variasi opini dan jalan keluar yang beragam untuk dilakukan.

3. Sampaikan secara pribadi

Jika sudah terjadi berlarut-larut, rekan kerja yang merasa dominan selama kerja di kantor akan sulit dihentikan karena merasa dirinya sebagai yang berkuasa di atas orang lain.

Maka dari itu, Anda harus mengutarakan pendapat pada rekan kerja tersebut secara langsung dan tata krama berpendapat yang baik dan tertib selama kerja di kantor.

Dengan diperingatkan secara langsung, rekan kerja Anda bisa lebih memahami bahwa orang lain mempunyai hak yang sama untuk berpendapat dan suasana kerja terasa lebih terbuka.

Jika bisa menerapkan tips karir di atas, Anda tidak hanya bisa mencuri perhatian atasan tapi juga dapat menciptakan lingkungan kerja dengan budaya yang sehat dan kompetitif.***

Berita Terkait